Sukses

QUIZ: Yakin Jago Geografi, Yuk Ikuti Kuis di Bawah Ini!

Liputan6.com, Jakarta Pelajaran geografi kadang-kadang menjadi momok karena dianggap sebagai mata pelajaran yang susah. Padahal, belajar geografi sangat mengasyikkan.

Dari geografi, banyak pengetahuan baru yang bisa diketahui, mengenai kota maupun sejarah masyarakatnya. Ikuti kuis Liputan6.com di bawah ini dan jawab 5 kuis di soal geografi. Kalau kamu jago geografi, pasti kamu bisa jawab pertanyaan di bawah ini.

 

2 dari 6 halaman

Pertanyaan pertama

1.      Apa nama ibu kota dari Turki?

a.       Ankara

b.      Istanbul

c.       Cape Town

d.      Cairo

 

 Jawabannya adalah A. Ankara.

Dikutip dari Wikipedia, ibu kota Turki berada di Ankara. Namun, kota terbesar di negara ini adalah Istanbul atau Konstantinopel dahulu merupakan ibu kota dari kekaisaran Bizantium dan Kesultanan Utsmaniyah.

Ibu kota Turki awalnya adalah Konstantinopel, yang saat ini lebih dikenal sebagai Istanbul. Namun, pada 13 Oktober 1923, Turki sempat memindahkan ibu kotanya ke Ankara. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi mulai 1922, tahun di mana Republik Turki berdiri.

 

3 dari 6 halaman

Pertanyaan kedua

2.      Luzon dan Mindanao adalah dua pulau terbesar yang ada di negara?

a.      Filipina

b.      Finlandia

c.      Italia

d.     Meksiko

Jawabannya adalah A. Filipina.

Pulau Luzon merupakan pulau terbesar di Filipina dan juga yang terpenting dalam bidang ekonomi dan politik. Pulau Luzon sendiri merupakan salah satu dari tiga pulau utama di negara tersebut, dan dua di antaranya adalah Visayas dan Mindanao.

Pulau Luzon dan Mindanao adalah dua pulau besar di Filipina.

 

4 dari 6 halaman

Pertanyaan ketiga

3.      Wilayah Inggris mana, yang terletak di ujung selatan Semenanjung Iberia, dan rumah bagi ratusan gua, yang digunakan sebagai pangkalan Angkatan Laut selama Perang Dunia II?

a.  Montserrat

b. Anguilla

c. Gibraltar

d. Pearl Harbour

Jawabannya adalah C. Gibraltar.

Dikutip dari Wikipedia, Gibraltar adalah sebuah wilayah seberang laut Britania yang terletak di ujung selatan Semenanjung Iberia di pintu masuk Laut Mediterania. Gibraltar memiliki luas 68 kilometer persegi  dan berbatasan dengan Andalusia, Spanyol di sebelah utara. Rock of Gibraltar adalah markah tanah paling menarik di daerah ini. Di kakinya terdapat kawasan permukiman padat yang dihuni hampir 30.000 bangsa Gibraltar dan bangsa lain.

Pasukan Inggris-Belanda menyerbu Gibraltar pada tahun 1704 selama Perang Suksesi Spanyol. Kota ini, beserta kastil, pelabuhan, dan pertahanannya, diserahkan kepada Britania "tanpa batas" di bawah Traktat Utrecht tahun 1713. Gibraltar adalah pangkalan utama bagi Angkatan Laut Kerajaan; saat ini ekonominya sangat bergantung pada pariwisata, jasa keuangan, dan perkapalan.

5 dari 6 halaman

Pertanyaan keempat

4.      Nama negara yang memiliki ibu kota dengan satu nama saja adalah?

a.       Jepang

b.      Ethiopia

c.       Iceland

d.      Malaysia

Jawabannya adalah A. Jepang.

Banyak negara yang memiliki nama ibu kota hanya statu kalimat, seperti Jakarta yang menjadi ibu kota Jakarta atau Lisboa yang menjadi ibu kota Portugal. Jepang juga termasuk salam satu di antaranya, yakni memiliki ibu kota Tokyo.

6 dari 6 halaman

Pertanyaan kelima

5.      Tradisi lompat batu berasal dari salah satu kepulauan yang ada di Indonesia, yaitu?

a.       Sumatera

b.      Jawa

c.       Nias

d.      Maluku

Jawabannya adalah C. Nias.

Tradisi lompat batu disebut hombo atau fahombo dilakukan suku Nias, Provinsi Sumatera Utara. Tradisi ini hanya dilakukan oleh laki-laki. Tradisi ini bisa ditemukan Desa Bawomataluo. Desa adat di Kabupaten Nias Selatan yang kental dengan Tradisi Lompat Batu.