Sukses

Mengenal Apa Itu Natto, Makanan Unik Khas Jepang yang Tengah Viral

Liputan6.com, Jakarta Bagi kalian masyarakat Indonesia mungkin belum begitu familiar dengan natto. Natto sendiri adalah makanan unik khas Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi dan memiliki tekstur yang berlendir, lengket, dan berserabut.

Natto biasanya disantap dengan tambahan kecap, mustard, daun bawang atau bumbu lainnya dan disajikan dengan nasi. Bagi kalian yang belum terbiasa mungkin akan sedikit terganggu dengan baunya yang khas serta agak menyengat ke hidung.

Baru-baru ini natto sedang menjadi viral di media sosial TikTok lantaran banyak yang mencoba memakan natto dan mereview rasanya. Tak sedikit yang beberapa kali menahan mual karena ingin muntah lantaran baunya yang tak sedap dan menyengat. 

Natto biasanya disantap dengan tambahan kecap, mustard, daun bawang atau bumbu lainnya dan disajikan dengan nasi hangat. Meski memiliki aroma tak sedap, natto mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Natto dikenal sangat bergizi karena menjalani proses fermentasi dan mengandung probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat tersebut membuat makanan lebih mudah dicerna agar lebih mudah bagi usus untuk menyerap nutrisinya. 

Tak hanya itu natto juga baik bagi kesehatan tulang agar lebih kuat, menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Berikut deretan manfaat Natto bagi kesehatan tubuh, dilansir dari healthline.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Natto Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Sistem Pencernaan

​​Natto mengandung probiotik yang dapat berperan sebagai pertahanan pertama untuk usus Anda terhadap racun dan bakteri yang berbahaya. Para peneliti mengungkapkan bahwa bakteri probiotik dapat membantu mengurangi gas, sembelit, diare dan kembung, serta gejala radang usus.

Buat Tulang Lebih Kuat

Natto mengandung beberapa nutrisi yang berkontribusi pada kesehatan tulang. Selain itu, Natto merupakan salah satu tumbuhan vitamin K2 yang langka. Vitamin K2 memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dengan mengaktifkan protein untuk tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang Anda. Studi menunjukkan bahwa vitamin K2 dapat memperlambat hilangnya kekuatan pada tulang akibat penuaan usia dan Natto juga dapat mengurangi risiko patah tulang.

Menjaga Kesehatan Jantung 

Natto juga dapat menjaga kesehatan jantung. Natto mengandung serat dan probiotik yang keduanya bisa membantu mengurangi kadar kolesterol. Selanjutnya, fermentasi Natto juga menghasilkan nattokinase, sejenis enzim yang membantu melarutkan gumpalan darah. Selain itu, peneliti Jepang melaporkan bahwa Natto dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mengontrol tekanan darah.

Selain memperkuat tulang, vitamin K2 dalam Natto juga membantu mencegah penumpukan kalsium di arteri Anda. Vitamin K2 yang dikonsumsi per hari akan membantu penurunan risiko penyakit jantung sebesar 9%.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tak cukup sampai di situ, Natto mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Makanan kaya probiotik seperti Natto berkontribusi untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Natto bahkan dapat meningkatkan produksi antibodi pada tubuh Anda, mengurangi risiko infeksi dan dapat membantu Anda kembali fit lebih cepat jika Anda sakit. Selain kandungan probiotiknya yang tinggi, Natto kaya akan vitamin C, zat besi, dan tembaga yang semuanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

3 dari 3 halaman

Edisi Terbatas, Restoran Jepang Ini Sajikan Ramen dengan Topping Es Krim

Jika membahas mengenai Jepang memang tak ada habisnya. Bukan hanya soal teknologi yang semakin berkembang pesat saja, wisata yang disajikan oleh Jepang pun selalu berhasil mengundang daya tarik para wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Namun, yang tak boleh dilupakan ialah mengenai kuliner khas Jepang. Berbicara soal Jepang tak bisa dilepaskan dari beberapa kuliner yang cukup melekat, mulai dari sushi, sashimi hingga ramen. Bahkan, ada pula sebuah museum ramen yang berada di Yokohama, Jepang.

Ramen sendiri merupakan masakan mi kuah Jepang yang berasa dari Tiongkok. Seiring berjalannya waktu, masyarakat Jepang pun mulai berkreasi dengan resep ramen hingga menambahkan berbagai topping yang menggugah selera. Namun, pernahkah kamu mendengar adanya ramen yang memiliki topping es krim?

Dilansir Liputan6.com dari World of Buzz, Senin (10/1/2022) kini masayrakat Jepang tengah dihebohkan dengan adanya sajian ramen menggunakan topping es krim. Tentu saja menu satu ini langsung menarik perhatian banyak netizen.

Sebuah restoran ramen yang berada di Osaka, Furanken beberapa waktu menjajal sebuah inovasi unik dan menarik. Jika biasanya ramen disajikan dengan topping potongan daging, telur hingga rumput laut, restoran satu ini justru menggunakan es krim.

Sajian ramen dengan topping es krim ini sendiri diketahui sebagai sebuah trobosan inovasi pada tahun baru. Bahkan, menu satu ini disajikan terbatas serta hanya tersedia hingga akhir Maret 2022 saja. Meski terbilang cukup unik, namun nyatanya ramen es krim ini memiliki menarik minat banyak pelanggan.

Sensasi dingin dan lembut es krim pada ramen

Es krim yang disajikan sebagai topping ramen juga diketahui tetap menggunakan bagian cone es krimnya. Ramen dengan topping es krim ini sendiri diberi nama Amakara Miso Ramen.

Es krim yang ada pada ramen ini pun memberikan kesan manis serta creamy pada kuah ramen. Bukan hanya membuat cita rasa unik saja, akan tetapi sajian ramen dengan topping es krim ini menjadi populer di media sosial.

"Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman, tapi ini sangat kompatibel Miso ramen yang manis dan pedas dengan rasa pedas yang kuat berpadu dengan manisnya es krim yang lembut disajikan," ujar staf restoran.