Sukses

Waspada, Begini Cara Ular Masuk ke Rumah Lewat Toilet Anda

Ternyata seperti ini cara ular masuk ke rumah lewat toilet

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa keadaan darurat di rumah yang seserius ketika toilet Anda tersumbat. Tapi di luar bencana pipa ledeng, masih ada kemungkinan beberapa benda aneh bisa masuk melalui pipa ledeng Anda dan langsung masuk ke kamar mandi Anda—termasuk hewan.

Jika Anda pernah bertanya-tanya apakah mungkin seekor ular masuk ke rumah Anda melalui toilet, para ahli menjelaskan bahwa ular dapat mengubah kamar mandi Anda menjadi pintu masuk.

Ular dapat menemukan banyak cara mengejutkan untuk memasuki rumah Anda

Pertama dan terpenting, penting untuk diingat bahwa meskipun mereka mungkin bukan teman yang ideal, ular bukanlah hama. Tidak seperti hewan pengerat, mereka tidak membawa penyakit atau bakteri berbahaya dan tidak mungkin menyebabkan kerusakan pada halaman, taman, atau rumah Anda.

Mereka bahkan dapat bertindak sebagai pencegah alami terhadap tikus, tikus, kodok, siput, dan hama lain yang Anda coba hindari. Tapi masih ada batas tentang seberapa dekat ular menjadi reptil yang menghancurkan rumah.

"Meskipun ular membawa banyak dampak positif bagi ekosistem, Anda lebih suka tidak memilikinya di mana pun di rumah Anda," kata Eddie Connor dari Connor's Pest Control kepada Best Life.

"Jika Anda menemukan ular masuk rumah Anda, kemungkinan besar mereka mencari sumber makanan dan tempat berlindung."

Menurut para ahli, banyak ular dapat menemukan jalan mereka di dalam ruangan melalui retakan di fondasi rumah Anda, tetapi juga dapat menyelinap melalui celah antara pipa dan dinding luar Anda, celah di sekitar pintu dan jendela, saluran pengering, ventilasi AC, atau pintu garasi yang tertutup rapat.

"Untuk mencegah kunjungan dari ular, Anda harus menutup titik-titik tempat masuknya," kata Andrew Christopher, pemilik Western Mass Wildlife Removal kepada Best Life.

"Titik masuk yang umum adalah jendela yang bocor atau terbuka, kusen yang lapuk, dan sekat yang berangin."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ular dapat masuk ke dalam rumah Anda melalui toilet karena desain saluran airnya

Karena tubuh ramping dan ketangkasannya, sebagian besar pemilik rumah mungkin tidak terkejut menemukan ular di ruang bawah tanah, garasi, atau loteng mereka. Tetapi banyak yang mungkin ngeri mengetahui bahwa menemukan ular di dalam toilet. Faktanya, beberapa insiden telah membuktikan bahwa pipa kamar mandi Anda bisa menjadi pintu masuk yang layak bagi mereka ke rumah Anda.

Menurut para ahli di situs web desain rumah Hunker, skenario mengerikan ini dimungkinkan berkat cara kerja desain pipa ledeng di banyak rumah.

Meskipun toilet Anda mungkin tampak seperti bagian dari sistem tertutup, toilet sering kali terhubung ke tumpukan ventilasi yang mengalir dari atap Anda ke saluran pembuangan utama, biasanya melengkung sebelum terhubung ke tumpukan tanah.

Dalam beberapa kasus, ular dapat memasukinya—kadang-kadang mencari makanan atau mengejar hewan pengerat—dan jatuh ke dalam sistem pembuangan itu. Mereka kemudian dipaksa merangkak kembali melalui pipa, di mana mereka kadang-kadang bisa berakhir di saluran pembuangan yang terhubung ke toilet rumah Anda.

 

3 dari 4 halaman

Kamar mandi tertentu lebih rentan terhadap penyusup ular daripada yang lain

Sayangnya, bahkan rumah yang tidak terhubung ke saluran pembuangan dapat berisiko dimasuki ular melalui saluran air, pipa ledeng, dan toilet. Penutup yang longgar di tangki septik atau celah di suatu tempat di saluran pembuangan juga dapat menyediakan titik akses, menurut Hunker.

Dan meskipun tidak mungkin mereka akan menemukan jalan mereka ke lantai atas, mungkin saja mereka bisa memanjat cukup tinggi melalui pipa ledeng untuk mencapai kamar mandi di lantai dasar.

Jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam situasi di mana ada ular di toilet Anda, hindari godaan untuk keluar dari kamar mandi sebelum menutup tutupnya, saran Hunker. Jika tidak, ular itu mungkin bisa merayap keluar dan bersembunyi di tempat lain. Mereka juga merekomendasikan mencoba dengan aman untuk melihat ciri-ciri ular yang masuk. Meskipun tidak mungkin varietas beracun telah menemukan jalannya ke toilet Anda, mereka biasanya dapat dibedakan dengan kepala segitiga, leher tipis, dan tubuh tebal.

Di sisi lain, jenis yang tidak berbisa—yang lebih mungkin menemukan jalan masuknya—biasanya memiliki tubuh yang panjang dan ramping, kepala kecil, dan pupil yang bulat, tulis Hunker.

 

4 dari 4 halaman

Ada beberapa cara untuk mencegah ular masuk ke saluran air Anda

Jika Anda khawatir ular mungkin masuk melalui pipa ledeng Anda, Ray Mitchell dari Mitchell Pest Services menyarankan untuk menuangkan secangkir pemutih ke saluran pembuangan seminggu sekali untuk menyingkirkan telur yang mungkin mereka taruh di pipa atau di dekat sambungan saluran pembuangan.

Lebih penting lagi, ia menyarankan untuk memasang layar di atas lubang ventilasi di pipa rumah Anda untuk memastikan ular tidak masuk—dan hewan lain, dalam hal ini.

Setelah Anda memasang tutup ventilasi, tetap penting untuk memeriksa dan membersihkannya secara teratur, saran Hunker. Jika tidak, ventilasi yang buruk di sistem pipa ledeng Anda dapat menyebabkan bau selokan atau pengeringan yang lebih lambat di rumah Anda — yang mungkin merupakan satu-satunya hal yang lebih buruk daripada kejutan ular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.