Sukses

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini Deretan Keutamaan Baca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Liputan6.com, Jakarta Hari Jumat menjadi hari yang spesial bagi umat muslim. Pasalnya di hari tersebut ada banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan. Salah satu amalan sunnah di hari Jumat yang mendapatkan imbalan pahala yaitu membaca Alquran. Ada satu surat dalam Alquran yang dianjurkan untuk dibaca di hari Jumat yaitu surat Al-Kahfi.

Surat Al-Kahfi termasuk dalam golongan surat Makiyyah, pasalnya surat ini diturunkan di kota Mekkah. Manfaat membaca surat Al-Kahfi berkaitan erat dengan sabda Rasulullah SAW yang sangat menganjurkannya. Membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat dapat hindarkan umat Islam dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim)

Tak hanya itu, rupanya masih banyak lagi manfaat dan keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah keutamaan baca surat Al-Kahfi di hari Jumat yang perlu diketahui oleh umat muslim. 

Diampuni Dosa oleh Allah SWT

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi yang pertama ialah akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasullulah SAW bersabda, "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

Terhindar dari Fitnah Dajjal

Manfaat membaca surat Al-Kahfi selanjutnya ialah akan terhindar dari fitnah Dajjal. Nabi Muhammad SAW bersabda jika seorang manusia rajin membaca surat Al-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Baca Surat Al-Kahfi Selanjutnya

Mendapatkan Ridho Allah SWT

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi berikutnya ialah siapa saja yang membacanya di hari Jumat akan mendapatkan cahaya kebaikan dan juga diridhoi oleh Allah SWT. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasullullah SAW bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR Ahmad)

Sebagai Pengingat Hari Kiamat

Dengan membaca surat Al-Kahfi, kita akan selalu mengingat kebesaran Allah SWT serta adanya hari kiamat. Pasalnya dalam surat Al-Kahfi ayat 47 diingatkan akan datangnya hari kiamat suatu hari nanti. Manusia akan diperlihatkan dengan gunung-gunung yang terbang. Seluruh manusia akan dikumpulkan dan tidak ada seorang manusia pun yang tersisa di bumi.

 

Wa yauma nusayyirul-jibaala wa taral-arda barizataw wa hasyarnahum fa lam nugaadir min-hum ahadaa

 

Artinya:

"Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka."