Sukses

5 Manfaat Menangis yang Tak Banyak Orang Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Menangis mungkin bukan hobi favorit kita, tetapi jika kita membiarkannya keluar dari waktu ke waktu, kita sebenarnya bisa mendapatkan lebih banyak manfaat daripada hanya dengan menahan untuk menangis

Dengan meneteskan air mata, kita tidak akan menunjukkan sisi yang lebih lemah, kita sebenarnya membantu mata dan seluruh tubuh kita dengan berbagai cara. Bahkan, dalam beberapa situasi, menangis bisa membantu kita tertidur lebih cepat.

Ya, mungkin banyak yang belum tahu bahwa menangis bisa memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Dilansir dari Brightside, Rabu (11/5/2022), berikut ulasannya. 

1. Dapat memperbaiki penglihatan Anda

Saat kita tidak sempat minum cukup air di hari yang sibuk, biasanya kita merasa haus dan mungkin sedikit dehidrasi.

Nah, mata kita tidak berbeda karena mereka juga perlu tetap terhidrasi dan mendapatkan air. Jadi, ketika kita menangis, kita sebenarnya membantu mata kita terhidrasi kembali dan ini dapat meningkatkan fokus kita dan memperbaiki penglihatan.

Selain itu, setiap hari mata kita terpapar banyak debu, dan kotoran yang semuanya dapat dengan mudah mengiritasi mata kita. Padahal, hal itu berpotensi membahayakan dan bahkan memperburuk penglihatan kita. Menangis akan membantu membersihkannya dan menghilangkan iritasi, tetapi bagian terbaiknya adalah air mata mengandung lisozim. Ini adalah bahan kimia anti-bakteri yang membantu mata melawan infeksi.

2. Menangis bisa membersihkan hidung

Saluran air mata kita terhubung dengan bagian dalam hidung kita. Inilah sebabnya mengapa hidung kita menjadi berair ketika kita menangis. Tapi inilah manfaat yang akan Anda dapatkan. Ini mengeluarkan iritasi dan bakteri dari hidung kita, seperti halnya dengan mata kita.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat menangis selanjutnya

3. Menangis dapat membantu Anda pulih secara emosional 

Menangis tidak hanya terjadi saat kita merasa sedih. Beberapa orang bahkan menangis ketika mereka stres, takut, atau sangat bahagia.

Para peneliti percaya bahwa menangis dengan cara yang berbeda ini dapat membantu kita memulihkan keseimbangan emosional kita. Ketika kita menangis karena sangat takut atau bahagia, itu adalah cara bagi tubuh untuk pulih dari emosi yang kuat.

Air mata emosional adalah yang memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan. Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi hal ini, diyakini bahwa mereka mengandung hormon stres dan racun lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa menangis mengeluarkan hal-hal ini dari tubuh kita.

4. Menangis membantu Anda tertidur lebih cepat

Kita cenderung merasa lebih baik secara umum setelah menangis, dan ada alasan untuk itu. Karena menangis mengeluarkan hormon dan racun dalam tubuh kita, itu juga menurunkan tingkat stres.

Ini membantu kita mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan menurunkan kemungkinan penambahan berat badan. Selain itu, karena kita akan merasa kurang stres, tekanan darah kita juga bisa turun dan membantu kita tertidur lebih cepat.

5. Menangis membantu Anda menghilangkan rasa sakit

Selain untuk menenangkan diri, menangis membantu melepaskan endorfin dan oksitosin. Ini adalah bahan kimia yang sama yang membuat orang merasa baik, yang dapat membantu seseorang menanggung rasa sakit emosional dan fisik. Itulah mengapa meneteskan sedikit air mata sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi rasa sakit.

3 dari 3 halaman

Arti Mimpi Menangis

Menangis merupakan salah satu cara untuk meluapkan emosi yang kamu pendam. Menangis merupakan salah satu cara mengekspresikan perasaan yang sedang kamu rasakan. Menangis juga sering berkaitan dengan kesedihan dan kekecewaan.

Orang yang tengah mengalami kesedihan, tak jarang akan menangis tersedu-sedu. Tak hanya perasaan-perasaan yang negatif saja, terkadang menangis juga bisa terjadi karena kamu merasa bahagia dan puas telah mampu melalui berbagai kejadian.

Menangis pun adalah hal yang wajar dialami oleh berbagai kalangan, mulai dari perempuan, laki-laki, anak-anak, dewasa, hingga lansia. Setelah menangis, hati atau perasaan biasanya terasa lebih lega.

Jika menangis adalah hal yang lumrah terjadi di dunia nyata, bagaimana jika kamu justru mengalaminya di dalam mimpimu ketika tertidur? Apakah perasaan yang kamu alami saat ini berpengaruh besar terhadap mimpi tersebut?

Jika kamu melihat dirimu menangis dalam mimpi, ini artinya kamu sedang merasa tertekan, mungkin karena beban atau pikiran yang kacau. Menangis menunjukkan bahwa kamu butuh untuk melepaskan emosimu agar tidak stres. Mimpi ini juga berarti bahwa kamu akan mengakhiri hubungan cinta atau berada dalam keputusan yang sulit. 

Sementara melihat orang lain menangis bisa jadi pertanda baik, seseorang akan datang ke dalam hidupmu dan akan membuat pandanganmu berbeda dalam melihat cinta. Bahkan, seseorang itu akan membantumu dalam bisnis dan pekerjaan. Hal itu adalah momen dan kesempatan yang baik, jadi jangan disia-siakan.