Sukses

Studi: Berolahraga Hanya 10 Menit Setiap Hari Dapat Meningkatkan Memori Anda

Ternyata membiasakan berolahraga hanya 10 menit setiap hari saja dapat meningkatkan daya ingat

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, memiliki ingatan yang kuat sangat penting untuk kesehatan, kesejahteraan, dan kemandirian kita. Dan sementara kehilangan memori tidak dianggap sebagai bagian normal dari penuaan, itu sangat umum di usia paruh baya dan seterusnya.

Faktanya, menurut statistik yang dirilis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), satu dari sembilan orang paruh baya melaporkan mengalami penurunan kognitif atau kehilangan daya ingat. Lebih dari separuh orang yang melaporkannya mengatakan mereka mengalami kesulitan menyelesaikan tugas sehari-hari seperti memasak, membersihkan, atau minum obat.

Untungnya, ada cara sederhana untuk meningkatkan daya ingat Anda untuk mengimbangi kemungkinan masalah tersebut dan hanya perlu 10 menit sehari untuk melakukannya.

Berolahraga hanya 10 menit setiap hari dapat meningkatkan daya ingat Anda

Sejumlah besar penelitian telah menghubungkan latihan fisik dengan peningkatan memori. Sekarang, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences mengatakan bahwa berolahraga 10 menit per hari dapat memberi Anda dorongan kognitif.

Para peneliti dari University of California, Irvine (UCI) dan University of Tsukuba Jepang berkolaborasi dalam penelitian untuk menilai efek olahraga pada otak dan memori. Mereka menggunakan MRI fungsional untuk mengukur manfaat tersebut pada 36 orang sehat, dan menetapkan bahwa berolahraga hanya selama 10 menit dapat memiliki efek positif pada otak.

"Kami menemukan bahwa intervensi singkat ini dengan cepat meningkatkan pemrosesan memori yang sangat rinci dan menghasilkan peningkatan aktivitas di hippocampus dan daerah sekitarnya," tulis para penulis penelitian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penting bagi populasi yang menua

Setelah 10 menit berolahraga, mereka juga mencatat peningkatan komunikasi "antara hippocampus dan daerah kortikal yang sebelumnya dikenal untuk mendukung pemrosesan memori yang terperinci."

Wawasan ini dapat memiliki implikasi besar bagi populasi yang menua

"Hipokampus sangat penting untuk penciptaan ingatan baru; itu adalah salah satu daerah pertama di otak yang memburuk seiring bertambahnya usia - dan jauh lebih parah pada penyakit Alzheimer," Michael Yassa, rekan penulis studi dan profesor UCI, mengatakan melalui Science Daily. "Meningkatkan fungsi hipokampus sangat menjanjikan untuk meningkatkan memori dalam pengaturan sehari-hari."

Bahkan olahraga ringan pun bermanfaat

Tim peneliti menambahkan bahwa bahkan dalam serangan singkat, "olahraga ringan yang bebas stres" seperti berjalan, yoga, atau tai chi dapat memiliki efek signifikan pada memori. Temuan ini menunjukkan bahwa bagi kebanyakan individu, perbaikan dapat dicapai dengan hanya sedikit perubahan pada kebiasaan sehari-hari mereka.

"Sangat menggembirakan melihat lebih banyak orang melacak kebiasaan olahraga mereka—dengan memantau jumlah langkah yang mereka ambil, misalnya," kata Yassa. "Bahkan istirahat berjalan singkat sepanjang hari mungkin memiliki efek yang cukup besar pada peningkatan memori dan kognisi," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Latihan ringan mungkin lebih baik untuk kognisi daripada latihan intensitas tinggi

Banyak orang mungkin berasumsi bahwa jika olahraga ringan itu bagus, olahraga yang intens itu paling baik. Namun, penelitian tersebut menemukan bahwa latihan intensitas tinggi tampaknya merusak beberapa manfaat kognitif yang mereka amati.

"Menariknya, efek ini ditekan dengan olahraga yang intens," kata penelitian tersebut.

Penelitian lain menguatkan gagasan bahwa olahraga ringan mungkin lebih baik untuk otak daripada latihan interval intensitas tinggi (HIIT) dan bentuk latihan intensitas tinggi lainnya.

Pada tahun 2016, para peneliti melakukan penelitian pada hewan pengerat yang membandingkan efek kognitif dari berbagai intensitas latihan. Mereka menetapkan rutinitas latihan yang berbeda untuk kelompok hewan yang berbeda, kemudian secara mikroskopis memeriksa jaringan otak masing-masing pada akhir periode latihan.

Tim menemukan bahwa ewan pengerat yang melakukan rejimen sedang dan jogging di atas roda memiliki tingkat neurogenesis tertinggi. Ini berarti mereka membentuk neuron baru paling banyak di otak dibandingkan dengan hewan yang tidak banyak bergerak dan mereka yang telah menyelesaikan rejimen intensitas yang lebih tinggi.

Sementara hewan yang tidak banyak bergerak telah mengembangkan neuron baru paling sedikit di wilayah hipokampus, mereka yang telah menyelesaikan pelatihan HIIT tidak jauh tertinggal.

 

4 dari 4 halaman

Olahraga memberi Anda manfaat instan

Para peneliti di balik studi awal tahun 2018 mencatat satu lagi alasan signifikan untuk bangun dari tempat duduk lebih sering: Manfaat kognitif dari hanya 10 menit latihan bersifat instan. Yassa mencatat bahwa para peneliti mengamati dampak positif langsung di antara subjeknya.

Berbagai wilayah otak yang "berfokus pada memori" meningkatkan komunikasi mereka secara real time.

"Kami tidak mengabaikan kemungkinan bahwa sel-sel baru sedang lahir, tetapi itu adalah proses yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk terungkap," kata Yassa. "Apa yang kami amati adalah bahwa periode latihan 10 menit ini menunjukkan hasil segera setelahnya," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.