Sukses

Makan Satu Alpukat Tiap Minggu Kurangi Risiko Penyakit Jantung dan 8 Cara Lezat Mengolahnya

Berikut ini manfaat mengonsumsi alpukat tiap minggu dan cara mengolahnya yang lezat

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi baru dari Journal of American Heart Association (JAMA) menemukan bahwa makan dua porsi atau lebih alpukat setiap minggu mengurangi risiko penyakit jantung hingga seperlima.

Penelitian, yang mengamati diet lebih dari 110.000 orang, menemukan bahwa makan satu buah alpukat seminggu (setara dengan dua porsi) tampaknya memangkas risiko penyakit jantung koroner sebesar 21% dibandingkan dengan orang yang tidak makan alpukat.

Selain lezat, alpukat juga mengandung serat makanan, lemak tak jenuh tunggal yang sehat, serta vitamin dan mineral penting lainnya, termasuk magnesium dan vitamin C, E, dan K.

Dr Lorena Pacheco, penulis utama dari Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, AS, mengatakan: “Studi kami memberikan bukti lebih lanjut bahwa asupan lemak tak jenuh nabati dapat meningkatkan kualitas diet dan merupakan komponen penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.”

Berikut adalah delapan cara untuk menikmati lezatnya alpukat:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Di mangkuk smoothie hijau favoritmu

Smoothie bowl mungkin kurang trendi sekarang daripada lima tahun lalu, tetapi mereka masih tetap menjadi pilihan sarapan yang populer, terutama di hari yang panas. Menambahkan alpukat ke dalam blender akan membantu Anda mengentalkan smoothie bowl, terutama jika Anda juga menggunakan pisang beku. Campur blueberry, bayam dan raspberry untuk awal yang manis dan tajam untuk hari itu.

2. Dalam saus pasta krim

Yep, pasta krim tanpa krim. Menambahkan alpukat ke dalam blender dengan bahan-bahan lezat seperti kemangi, cabai, jus lemon, dan lada hitam, dan menggabungkannya hingga saus krim akan membuat topping yang mudah untuk pasta pilihan Anda.

 

3 dari 6 halaman

3. Sebagai guacamole yang enak

Guacamole berakar di Amerika Tengah. Di Meksiko, alpukat tumbuh berlimpah, dan suku Aztec konon memakannya dalam kombinasi dengan rempah-rempah. Saat ini, saus guacamole yang lezat populer dikonsumsi di berbagai belahan dunia.

Namun, jika dibuat sederhana dan segar di rumah (dengan menumbuk alpukat matang dengan bawang putih, jeruk nipis, lada hitam dan cabai) guacamole dengan keripik tortilla atau crudités membuat camilan yang sangat baik dan merupakan cara mudah untuk mendapatkan vitamin penting tersebut. 

4. Dalam mousse cokelat

Anda membacanya dengan benar. Alpukat menjadi pengganti yang bagus untuk telur dalam mousse cokelat – yang bisa membuat puding vegan yang memanjakan. Makanan penutup ini adalah hidangan terakhir untuk pesta makan malam dan dapat dibuat dalam waktu kurang dari sepuluh menit, karena ternyata alpukat dan blender berjalan beriringan.

 

4 dari 6 halaman

5. Menjadi isian

Anda mungkin terbiasa membuat isian ubi jalar, atau jamur, tetapi Anda juga bisa membuat isian alpukat. Keluarkan bijinya, dan tambahkan couscous, nasi, kacang, keju, udang matang, apa pun yang Anda suka.

6. Dalam muffin pisang

Karena tinggi lemak, kental dan lembut, alpukat adalah tambahan yang bagus untuk muffin, terutama dengan pisang. Ini akan menjadi sarapan atau makanan ringan yang luar biasa dan dipasangkan dengan keping cokelat adalah hit yang pasti bagi anak-anak dan orang dewasa. Tidak perlu mentega dan minyak, alpukat melakukan semua pekerjaan.

 

5 dari 6 halaman

7. Dipanggang

Sarapan alternatif yang bagus untuk roti panggang alpukat. Keluarkan bijinya, pecahkan telur di dalam bekas tempat biji, taburi dengan keju atau bumbu dan panggang. Ini akan menjadi lezat dengan saus hollandaise dan saus lainnya.

8. Dijus

Pada abad ke-19, penjajah Perancis membawa alpukat ke Thailand dan dapat dilihat pada menu sekarang dalam kapasitas yang sangat manis. Sinh Tố Bơ adalah minuman dingin, seperti milkshake, dibuat dengan susu kental, santan, dan es. Ini memiliki warna hijau yang indah, tekstur seperti milkshake dan rasa pedas. Namanya diterjemahkan menjadi 'smoothie buah mentega' dan merupakan deskripsi yang sangat akurat.

Di Indonesia sendiri jus alpukat adalah minuman yang cukup populer. Anda dapat menggabungkannya dengan buah-buahan lainnya atau menambahkan bahan-bahan lainnya.

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.