Sukses

Varian Covid-19 Mana yang Berisiko Pengaruhi Saluran Pernapasan Atas dan Bawah

Para ahli telah mencatat perbedaan jenis gejala yang dipicu oleh masing-masing varian Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kita telah berjuang melawan tiga gelombang virus Corona dan masih belum pulih dari dampak varian Omicron terbaru.

Sementara Omicron siluman yang bermutasi diyakini sangat menular, varian Delta, yang merupakan salah satu kekuatan pendorong gelombang kedua Covid-19, masih merupakan strain yang paling dominan di seluruh dunia.

Namun, kedua varian yang menjadi perhatian yang dinyatakan oleh WHO ini, meskipun sangat menular, dikatakan mempengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda.

Oleh karena itu, para ahli telah mencatat perbedaan jenis gejala yang dipicu oleh masing-masing varian Covid-19.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perbedaan infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi saluran pernapasan bawah

Melansir dari Times of India, Jumat (25/3/2022), sistem pernapasan kita dibagi menjadi dua bagian utama, sistem pernapasan atas dan bawah. Saluran pernapasan bagian atas terdiri dari hidung, rongga hidung dan faring, sedangkan saluran pernapasan bagian bawah berhubungan dengan laring, trakea, bronkus dan paru-paru.

Oleh karena itu, infeksi saluran pernapasan bagian atas paling sering termasuk pilek, radang amandel, infeksi sinus, radang tenggorokan dan flu, yang menyebabkan gejala ringan seperti sakit tenggorokan, pilek, bersin, sakit kepala, nyeri otot, dan lainnya.

Di sisi lain, infeksi saluran pernapasan bawah melibatkan bronkitis, pneumonia, bronkiolitis, TBC dan flu.

Virus Corona juga telah diidentifikasi menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan atas dan bawah, tergantung pada jenis varian Covid-19 yang terinfeksi.

3 dari 5 halaman

Mana yang lebih berbahaya?

Sementara infeksi saluran pernapasan atas mempengaruhi tenggorokan dan sinus, menyebabkan pilek ringan, sakit kepala, sakit tenggorokan dan gejala seperti pilek lainnya, infeksi saluran pernapasan bawah biasanya berlangsung lebih lama dan lebih serius. 

Yang terakhir bisa menyebabkan kerusakan parah pada saluran udara dan paru-paru, meningkatkan risiko komplikasi.

4 dari 5 halaman

Varian Covid apa yang memengaruhi saluran pernapasan bagian bawah?

Varian Delta mengambil alih dan menggantikan varian dominan global lainnya seperti Alpha, Beta, Gamma bersama dengan varian lainnya, Eta, lota dan Kappa. 

Ini tidak hanya mendorong gelombang kedua Covid-19 di India, tapi juga menyebabkan lonjakan tiba-tiba dalam jumlah kasus Covid di Inggris dan AS.

Tapi apa yang masih mengkhawatirkan tentang varian Delta adalah sangat menular dan juga bisa menyebabkan penyakit parah, yang menyebabkan rawat inap dan kematian.

Para ahli percaya ini karena Delta mempengaruhi sistem pernpasan bagian bawah, dan langsung menyerang paru-paru.

Ini tidak hanya menginfeksi paru-paru tapi juga menyebabkan peradangan, yang menyebabkan akumulasi cairan di kantung udara di paru-paru. 

Ini kemudian membatasi aliran normal oksigen ke darah, menyebabkan sesak napas, nyeri dada, kadar oksigen rendah dalam tubuh dan lain-lain. 

 

5 dari 5 halaman

Varian Covid yang menyerang sistem pernapasan bagian atas, gejala yang perlu diketahui

Berbeda dengan varian Delta, Omicron tampaknya menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada paru-paru dan dikatakan terutama mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas. 

“Adalah adil untuk mengatakan bahwa gagasan penyakit yang memanifestasikan dirinya terutama di sistem pernapasan bagian atas sedang muncul,” Roland Eils, PhD, seorang ahli biologi di Institut Kesehatan Berlin, mengatakan kepada New York Times.

Awalnya ketika varian muncul, para ahli khawatir tentang mutase yang berat dan kemampuannya untuk menghindari kekebalan yang diinduksi vaksin.

Namun, sementara varian Omicron terbukti sangat menular, para peneliti mencatat bahwa itu menyebabkan penyakit ringan dan gejala seperti pilek.

Menurut Tim Spector, kepala ZOE Covid study, beberapa gejala yang paling umum termasuk sakit tenggrokan, pilek, kelelahan, sakit kepala, nyeri tubuh, demam ringan, batuk dan masalah pencernaan pada beberapa orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.