Sukses

4 Tips Siasati Kamar Sempit Agar Terlihat Lebih Luas

Berikut ini deretan hal yang bisa kalian lakukan untuk menyiasati kamar yang sempit jadi lebih luas.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki ruangan kamar yang luas dan nyaman tentu menjadi impian banyak orang. Pasalnya kamar adalah tempat yang paling sering dikunjungi di dalam rumah. 

Tak hanya tidur, banyak orang yang juga menghabiskan waktunya di dalam kamar setiap hari. Itu mengapa sangat penting untuk kita menata kamar senyaman mungkin. 

Tapi bukan berarti jika memiliki kamar yang sempit Anda tak bisa menatanya menjadi super nyaman. Pasalnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan yang dapat membuat kamar terlihat lebih luas meski memiliki ukuran yang sempit.

Pemilihan cat, furnitur, dan lampu adalah beberapa hal yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya terasa lebih besar. Nah, dilansir dari Homeguides, Selasa (8/3/2022), berikut ini deretan tips agar kamar sempit terlihat lebih luas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Garis Diagonal

Jarak terpanjang dalam sebuah ruangan adalah diagonal di antara sudut-sudutnya, dan Anda dapat membuat ruangan sempit tampak lebih luas dengan menekankannya.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memasang lantai diagonal. Cara lain adalah mengatur furnitur dalam garis diagonal, daripada menyelaraskan semuanya dengan dinding. 

Kedua trik ini mendorong mata untuk mengikuti garis diagonal dan melihat lebih dalam ke ruangan, daripada fokus pada dinding pendek. Pastikan Anda membuat banyak ruang di tengah ruangan. Itu juga membantu ruangan terasa lebih besar.

3 dari 5 halaman

Warna

Warna-warna terang membuat ruangan terasa luas dan lapang, dan biru muda, hijau muda, dan krem ​​adalah yang terbaik untuk memberikan nuansa itu. Apa pun warna yang Anda pilih, buat pengaturan warna tetap sederhana, dan jangan berikan alasan khusus untuk fokus pada dinding. 

Anda dapat menambahkan sedikit lebih banyak kelapangan dengan mengecat trim dengan warna dinding yang lebih terang. Menyesuaikan setidaknya beberapa furnitur dengan warna dinding adalah cara lain yang terbukti untuk membuat ruangan tampak lebih besar. Ini adalah bonus jika Anda memiliki meja kopi kaca atau rak tembus pandang untuk dibawa ke dalam ruangan.

4 dari 5 halaman

Cahaya

Semakin banyak cahaya di dalam ruangan, semakin luas rasanya. Jika Anda tidak dapat menambahkan skylight, tutupi jendela dengan kain tipis, jadi Anda tidak menutupinya sama sekali, dan biarkan tetap terbuka jika memungkinkan. 

Permukaan reflektif di dalam ruangan akan membantu mendistribusikan cahaya. Anda tidak perlu memasang cermin, meskipun itu akan membantu. Anda bisa meletakkan keranjang sampah atau meja kaca di tempat strategis yang terkena sinar matahari. 

Pada malam hari, gunakan pencahayaan terarah untuk menghilangkan penekanan pada dinding dan hanya menerangi tempat-tempat yang Anda inginkan cahaya.

5 dari 5 halaman

Furnitur

Salah satu cara untuk membuat ruangan tampak lebih luas adalah dengan membuat dinding panjang tampak lebih pendek, dan Anda dapat melakukannya dengan mengatur gambar dalam kelompok daripada membaginya di sepanjang dinding. 

Salah satu pengaturan tersebut mungkin menampilkan lukisan lanskap besar di tengah pengelompokan yang lebih kecil. Furnitur yang rendah membantu menjaga mata agar tidak menjelajah ke langit-langit, dan furniture yang sederhana juga tidak memakan banyak ruang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.