Sukses

Jangan Sembarangan, Ini 5 Etika yang Harus Dilakukan Saat Sedang Zoom Meeting

Berikut ini deretan etika yang harus dilakukan saat sedang jalani zoom meeting.

Liputan6.com, Jakarta - Zoom meeting saat ini seolah menjadi rutinitas dalam kehidupan kita sehari-hari. Seperti yang kita tahu, sejak pandemi Covid-19 banyak pekerja yang menjalani WFH atau work from home. 

 

Tantangan dan manfaat meeting via Zoom bisa jauh berbeda dari pertemuan tatap muka, yang berarti bahwa aturan yang harus kita ikuti selama rapat Zoom seringkali juga berbeda. 

Beberapa memiliki pengalaman bertahun-tahun dengan Zoom dan platform lain seperti Skype atau Microsoft Teams, sementara beberapa lainnya tidak. Rupanya ada beberapa tips yang dapat membantu rapat virtual Anda lebih kohesif dan produktif. Dilansir dari laman entrepreneur, berikut ini deretan etika saat sedang menjalani zoom meeting. 

1. Tepat waktu 

Etika utama yang harus dilakukan saat Anda melakukan Zoom meeting adalah tepat waktu. Kemacetan lalu lintas bukan lagi alasan bagi Anda untuk bisa terlambat menghadiri Zoom meeting. Rencanakan sebelumnya, dan pastikan Anda siap dan berada di depan komputer beberapa menit sebelum rapat dimulai.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Perhatikan fitur “Mute”

Salah satu kecerobohan saat Zoom meeting yang paling mengganggu dan memalukan adalah ketika Anda lupa menyalakan fitur “mute”. Tak perlu dikatakan, gonggongan anjing, anak-anak yang berisik, dan kebisingan latar belakang lainnya dapat sangat mengganggu peserta lain. Untungnya, ada perbaikan sederhana untuk ini. Perhatikan pengaturan rapat Anda dan fungsi “mute”. Saat Anda tidak berbicara, pastikan untuk mengaktikan mode “mute”.

Di sisi lain, ketika tiba saatnya bagi Anda untuk berbicara, luangkan waktu ekstra untuk memeriksa tombol “mute” Anda. Kita semua telah membuat kesalahan dengan berbicara sebelum membunyikan suara diri kita sendiri, tetapi meluangkan waktu untuk membunyikan suara sebelum berbicara akan menyelamatkan Anda dari rasa malu dan kerumitan mengulanginya sendiri.

3 dari 5 halaman

3. Hindari multi-tasking

Meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tahan godaan untuk melakukan banyak tugas. Orang lain dapat mengetahui saat Anda memeriksa email atau mengerjakan proyek lain. Perlakukan rapat Zoom seperti rapat tatap muka, dan berikan perhatian penuh Anda kepada rekan kerja yang berbicara.

4 dari 5 halaman

4. Lakukan kontak mata

Kontak mata adalah kunci dalam menciptakan pertemuan yang lebih dinamis dan menarik, namun mencapai prestasi ini tidak sepenuhnya intuitif. Langkah pertama dalam melakukan kontak mata dengan peserta lain adalah menempatkan kamera Anda sejajar dengan mata. Jika Anda menggunakan laptop, pertimbangkan untuk membeli dudukan laptop untuk mengangkat kamera Anda.

Selanjutnya, coba lihat webcam Anda untuk memberikan ilusi bahwa Anda sedang melihat langsung ke anggota rapat lainnya. Hindari melihat diri sendiri, dan batasi jumlah yang Anda lihat pada peserta lain.

Untuk membuatnya lebih mudah, Anda dapat mengklik elips di sisi video Anda dan memilih "Sembunyikan Self View." Ini akan menyembunyikan video diri Anda di layar Anda tetapi tetap membiarkan peserta rapat lain melihat Anda di video.

 

5 dari 5 halaman

5. Nyalakan Video saat Anda Bisa

Menyalakan video Anda selama rapat Zoom baik untuk semua orang. Melihat semua peserta dalam panggilan video akan membantu mengarahkan orang ke reaksi orang lain, dan akan membuat rapat lebih menarik bagi semua orang yang terlibat.

Mengetahui Anda ada di video juga akan membantu Anda tetap di jalur selama rapat. Paling tidak, menyalakan video Anda membantu Anda tetap duduk dan melihat layar Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.