Sukses

Rasa Sakit di 3 Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Tanda Gejala Omicron

Rasa sakit di tiga bagian tubuh ini dapat menjadi tanda gejala Omicron

Liputan6.com, Jakarta Data yang dikumpulkan Omicron sejauh ini menunjukkan gejala varian ini ringan namun berbeda dengan strain Covid-19 sebelumnya seperti Delta.

Varian Omicron pertama kali muncul di Afrika Selatan sebelum menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, ditemukan menghasilkan gejala yang tidak sesuai dengan tiga gejala klasik virus corona: demam, batuk, dan kehilangan indra penciuman/perasa.

Pakar Covid Dr Charu Dutt Arora menjelaskan bahwa orang-orang pada awalnya percaya Covid sebagai virus pernapasan, hanya mempengaruhi paru-paru. Dia mengatakan penelitian telah membuktikan nyeri otot sebenarnya adalah salah satu tanda Omicron yang sering dilaporkan.

Rasa sakit diperkirakan terkonsentrasi di tiga bagian tubuh yang berbeda. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa saja tiga gejala nyeri otot Omicron?

Orang yang terinfeksi Omicron dilaporkan mengalami nyeri otot di tiga bagian tubuh yang berbeda: kepala, punggung bawah, dan otot.

Dr Arora menambahkan: "Nyeri otot terutama di sekitar area lutut."

Nyeri otot akibat Covid diyakini sebagai akibat dari peradangan. Peradangan ini dapat mengganggu otot dan persendian, yang menyebabkan timbulnya gejala yang menyakitkan, menurut Huffington Post. 

3 dari 5 halaman

Cara Omicron menyerang otot

Diklaim bahwa dokter mencurigai mungkin ada sesuatu yang unik pada Omicron tentang cara hal itu mempengaruhi sistem muskuloskeletal.

Peter Whang, ahli bedah tulang belakang ortopedi Yale Medicine dan profesor di Yale University School of Medicine, menjelaskan: "Covid adalah apa yang kita sebut pemain jahat. Ini benar-benar dapat meniru begitu banyak jenis gejala - apakah itu mempengaruhi sistem paru atau sistem muskuloskeletal atau kesehatanmu."

Infeksi Covid diperkirakan meningkatkan sekresi sitokin, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan patogen asing. Pelepasan sitokin kemudian memicu reaksi dalam tubuh yang mengiritasi otot dan persendian.

 

4 dari 5 halaman

Apa saja gejala Omicron yang paling umum?

Beberapa penelitian telah mengklaim bahwa gejala yang paling umum dari Omicron termasuk pilek, sakit kepala dan kelelahan. Studi ZOE Covid juga mengonfirmasi bahwa tenggorokan kering/gatal adalah tanda umum infeksi lainnya.

Namun, orang yang divaksinasi lengkap ditemukan mengalami sembilan gejala varian yang berbeda.

Menurut sebuah penelitian dari Norwegia, orang yang telah menerima dua dosis vaksin Covid telah melaporkan batuk, pilek, kelelahan, sakit tenggorokan, sakit kepala, demam, bersin dan mual setelah terinfeksi Omicron.

Dari jumlah tersebut, penelitian melaporkan bahwa tanda-tanda infeksi yang paling umum di antara orang yang divaksinasi adalah batuk, pilek, dan kelelahan.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.