Sukses

Patut Diwaspadai, 9 Gejala Omicron yang Muncul Meski Telah Divaksinasi Lengkap

Meski telah divaksinasi lengkap, bukan tidak mungkin Anda terinfeksi Covid-19 varian Omicron

Liputan6.com, Jakarta Kasus Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan menurun. Alih-alih, jumlah orang-orang yang terkonfirmasi positif justru semakin bertambah dengan varian baru yang diyakini lebih menular.

Varian Omicron diklaim kini mendominasi kasus positif di Indonesia. Meski efeknya tidak separah varian Delta, namun Omicron memiliki kemampuan menular yang sangat tinggi. Pemerintah pun semakin menggalakkan upaya vaksinasi di berbagai daerah, baik untuk dosis pertama dan kedua, atau bahkan booster.

Meski telah divaksinasi, bukan tidak mungkin Anda terinfeksi oleh virus yang satu ini. Bahkan, sebuah penelitian telah menemukan sembilan gejala Omicron yang terlihat di antara orang-orang yang telah mendapat vaksinasi penuh.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penelitiannya

Penelitian yang dilakukan di Norwegia mempelajari tamu di sebuah pesta di mana ada wabah Omicron. Dari 111 tamu yang diwawancarai, 66 pasti memiliki Covid, sementara 15 lainnya kemungkinan juga memiliki virus.

Dari peserta penelitian, ditemukan bahwa 89% memiliki dua dosis vaksin Covid. Meskipun telah divaksinasi lengkap, para pengunjung pesta mengalami beberapa gejala strain Omicron.

 

3 dari 6 halaman

Apa saja tanda-tanda umum Omicron di antara yang divaksinasi lengkap?

Menurut temuan dari penelitian - yang diterbitkan dalam jurnal penyakit menular dan epidemiologi, Eurosurveillance - delapan gejala utama diklaim dialami oleh pengunjung pesta yang divaksinasi penuh.

Belakangan, pakar kesehatan masyarakat juga menambahkan mual ke daftar gejala ini pada orang yang divaksinasi yang telah tertular varian Omicron.

Dengan demikian, sembilan gejala yang tampak pada orang yang telah divaksinasi namun tertular Omicron adalah:

  1. batuk
  2. pilek
  3. kelelahan
  4. sakit tenggorokan
  5. sakit kepala
  6. nyeri otot
  7. demam
  8. bersin
  9. mual.

Di antara batuk, pilek, dan kelelahan dilaporkan paling umum, sementara bersin dan demam paling jarang terjadi.

 

4 dari 6 halaman

Apa saja dua tanda awal Omicron?

Para ahli juga telah memperingatkan bahwa ada dua gejala Omicron yang dapat muncul bahkan sebelum tes positif. Ini adalah kelelahan dan pusing/pingsan.

Kelelahan lebih dari sekedar merasa lelah, itu dapat menyebabkan nyeri tubuh karena nyeri otot serta sakit kepala, penglihatan kabur dan kehilangan nafsu makan.

Dr Angelique Coetzee, yang pertama kali memperingatkan Omicron di Afrika Selatan, sebelumnya telah menyebutkan bahwa kelelahan adalah salah satu gejala utama dari varian tersebut.

Ini didukung oleh jajak pendapat dari WebMD di mana lebih dari 40% wanita dilaporkan berjuang dengan kelelahan akibat Covid, dibandingkan dengan sepertiga pria.

 

5 dari 6 halaman

Tanda awal lainnya

Tanda awal kedua bahwa Anda mungkin menderita Omicron adalah pusing/pingsan. Sebuah laporan dari Jerman mengklaim bahwa mungkin ada hubungan antara mantra pingsan dan Omicron.

Tautan itu disarankan setelah dokter di Berlin menemukan bahwa Covid memicu pingsan berulang untuk seorang pasien berusia 35 tahun yang dirawat di rumah sakit.

Surat kabar Jerman rztezeitung menambahkan bahwa dokter dapat melihat "hubungan yang jelas" antara infeksi dan pingsan.

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    gejala omicron

  • Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh.

    Vaksinasi