Sukses

7 Sebab Memelihara Anjing Dapat Memperpanjang Usia Anda

Berikut ini beberapa sebab memelihara anjing dapat memperpanjang usia Anda

Liputan6.com, Jakarta Memilki hewan peliharaan terbukti mendatangkan banyak manfaat. Terlebih, bila hal tersebut terkait dengan kesehatan mental. Selain kucing, anjing adalah hewan yang paling sering dipelihara oleh manusia. Kesetiaan mereka sebagai sahabat manusia dapat dilihat dari sejarah mereka yang panjang dengan peradaban manusia.

Semua pemilik anjing bersumpah dengan efek positif yang dimiliki teman berbulu mereka terhadap mereka. Faktanya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki seekor anjing sangat bermanfaat bagi kesejahteraan, penampilan, dan harapan hidup Anda.

Berikut ini beberapa manfaat memelihara anjing bagi Anda seperti dihimpun dari Brightside.

1. Dapat membuat Anda terlihat 10 tahun lebih muda

Memiliki seekor anjing dapat membuat Anda lebih sehat dan bugar, tetapi para peneliti telah menemukan cara lain untuk mengukur dampak positif mengadopsi seekor anjing terhadap kehidupan seseorang. Mereka menemukan bahwa mereka yang berusia di atas 65 tahun yang memiliki anjing bertindak 10 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Dapat meningkatkan harga diri Anda

Pemilik anjing yang memiliki ikatan kuat dengan hewan peliharaannya cenderung memiliki tingkat empati dan harga diri yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki anjing. Selain itu, memiliki teman yang lembut di sekitar membuat mereka tidak terlalu stres dan lebih bahagia.

3. Dapat menurunkan risiko penyakit kronis

Menurut statistik, pemilik anjing yang mengajak anjingnya jalan-jalan secara teratur sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa jika anak-anak dari keluarga dengan alergi tumbuh dengan anjing peliharaan sejak lahir, mereka cenderung jauh dari memiliki penyakit eksim dan asma.

 

3 dari 5 halaman

4. Itu bisa membuat Anda tetap bugar

Siapa yang mau jalan-jalan saat hujan? Banyak orang lebih suka tidak. Tetapi pemilik anjing harus mengajak teman mereka berjalan-jalan setiap hari. Satu penelitian menunjukkan bahwa memiliki anjing membuat Anda berjalan 22 menit lebih banyak per hari, sedangkan penelitian lain menemukan bahwa peluang pemilik anjing mencapai tujuan kebugaran mereka lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki anjing.

 

4 dari 5 halaman

5. Dapat menurunkan tingkat stres Anda

Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu Anda melawan stres sehari-hari dan meningkatkan suasana hati pemiliknya. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa menyentuh, membelai, atau memeluk hewan dapat dengan cepat menenangkan Anda jika Anda merasa cemas atau stres.

6. Dapat melepaskan hormon bahagia

Berada di sekitar anjing dapat membantu Anda melepaskan hormon yang membuat Anda bahagia, seperti oksitosin, serotonin, dan dopamin. Hormon-hormon ini diketahui membuat Anda bahagia, bebas stres, dan awet muda.

 

5 dari 5 halaman

7. Dapat memperluas harapan hidup Anda

Studi menunjukkan bahwa pemilik anjing rata-rata hidup lebih lama daripada pemilik non-anjing. Apalagi, jika mereka hidup sendiri, mereka sering pulih lebih cepat dari krisis kesehatan yang serius, seperti serangan jantung atau stroke, berkat teman berkaki 4 mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.