Sukses

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Tips Memilih Tempat Kursus TOEFL Online Terbaik

Saat ini sertifikat TOEFL sangat diperlukan untuk mendaftar beasiswa, kuliah, hingga melamar pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini sertifikat TOEFL atau Test of English as a Foreign Language sangat diperlukan untuk mendaftar beasiswa, kuliah, hingga melamar pekerjaan. Misalnya untuk mendaftar beasiswa LPDP dalam negeri, melamar pekerjaan di perusahaan swasta, BUMN bahkan seleksi CPNS.

Umumnya, ada dua jenis TOEFL yaitu TOEFL PBT (Paper Based Test) dan TOEFL IBT (Internet Based Test). TOEFL PBT juga dikenal dengan nama TOEFL ITP (Institutional Testing Program). TOEFL ITP menggunakan format tes pilihan ganda (multiple choice) sedangkan TOEFL IBT menggunakan format essay untuk tes menulis. 

Ketahui jenis TOEFL dengan penjelasannya berikut ini:

1. TOEFL ITP (PBT)

Jenis TOEFL ini yang paling banyak digunakan oleh perusahaan, dan universitas di Indonesia sebagai syarat dokumen mendaftar pekerjaan ataumelamar beasiswa. TOEFL ITP termasuk tes yang paling terjangkau dibandingtes IBT atau IELTS.

Ada tiga skill (multiple choice) yang diujikan yaitu: Section I: Listening = 50 Soal (35 menit), Section II: Structure & Written Expressions= 40 Soal (25 menit), Section III: Reading= 50 Soal (55 menit),total durasi sekitar 2 Jam. Rentang skor TOEFL ITP yaitu 310 – 677.

2. TOEFL IBT

Tes TOEFL ini pertama kali diperkenalkan tahun 2005 dan tes ini diadakan secara online (Internet Based Test). TOEFL IBT banyak digunakan untukkeperluan lanjut studi S2/S3 ke luar negeri misal ke Amerika atau Kanada.

Ada empat skill yang diujikan yaitu: Section I: Reading= 36-56 Soal (60-80 menit), Section II: Listening= 34-51 Soal (60-90 menit) short break 10 menit, Section III: Speaking = 6 tugas (20 menit), Section IV: Writing= 2 essay (50 menit), total durasi sekitar 4 jam. Rentang skor TOEFL IBT berkisar antara 0 – 120. 

Jika diperlukan, silakan mengikuti kelas-kelas persiapan tes TOEFL. Saat ini sudah banyak lembaga -lembaga kursus yang membuka kursus TOEFL online.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal yang wajib diperhatikan sebelum memilih tempat kursus TOEFL online

Sejak pandemi Covid-19, banyak bermunculan tempat kursus TOEFL online. Namun, Anda jangan sampai salah pilih tempat belajar yang akan membuat Anda rugi karena sudah menghabiskan uang, waktu dan tenaga yang besar.

Untuk itu, ketahui beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum memutuskan tempat kursus TOEFL online terbaik yang cocok :

1. Pastikan lembaga kursus tersebut sudah berdiri di atas lima tahun. Hal ini sangat penting untuk mengukur tempat tersebut sudah terbukti dan teruji oleh ribuan orang. Di era pandemi ini, tiba-tiba banyak bermunculan lembaga kursusan online. Cara mengecek paling mudah cek ulasannya di Google Maps (Google Review).

2. Pastikan metode pembelajarannya interaktif misal live Zoom bukan video rekaman. Jangan sampai Anda hanya membeli video e-course dan Anda tidak memiliki akses untuk tanya jawab live Zoom.

3. Pastikan tempat kursus tersebut mempunyai sumber soal-soal yang akurat dan standarisasi dari ETS Amerika.

4. Pastikan tenaga pengajarnya berpengalaman, ramah, dan professional. Tenaga pengajar inilah faktor paling penting dalam mendukung peningkatan skor TOEFL Anda. Cek baik-baik profil pengajaranya, misalnya sudah berapa tahun mengajar dan berapa skor TOEFL yang dia miliki.

5. Cek baik-baik fasilitas yang ditawarkan. Apakah ada Placement Test, Post Test/Final Test, Sertifikat TOEFL, grup Whatsapp, E-Book materi, Workbook soal-soal, video materi sebagai suplemen tambahan.

 

3 dari 3 halaman

Kursus TOEFL online terbaik

Salah satu tempat kursus TOEFL online profesional bersertifikat yakni Full Bright Indonesia.

Full Bright Indonesia adalah lembaga pendidikan bahasa Inggris yang fokus pada academic English TOEFL dan IELTS didirikan tahun 2013. Lembaga ini terdaftar di Kemenkumham RI SK Nomor : AHU-0055720-AH.01.14 Tahun 2020.

Full Bright Indonesia bekerjasama dengan Indonesian International Education Foundation (IIEF) Jakarta sebagai salah satu penyelenggara Official Tes TOEFL ITP (ETS America). Tenaga pengajarnya lulusan Program S2 (Master) Pendidikan dan Sastra Inggris. Lulusan dalam & luar negeri seperti University of Edinburgh, United Kingdom & University of Melbourne, Australia serta Praktisi dan peneliti TOEFL.

Alumni yang sudah tersebar di seluruh dunia telah melanjutkan studi S2/S3 di Asia, Amerika, Eropa, dan Australia dan alumni yang sudah banyak diterima di perusahaan swasta ternama, BUMN, dan PNS.

Lembaga ini juga membuka kelas TOEFL online yang interaktif via Zoom. Ada pula fasilitas terlengkap yaitu placement test, final test, sertifikat TOEFL, grup Whatsapp, rekaman live Zoom, E-Book materi, soal-soal dalam bentuk Google Form dan video materi yang diakses di website LMS sebagai suplemen tambahan materi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.