Sukses

Tak Perlu Obat, Ini 4 Cara Mudah Redakan Flu di Rumah

Ada beberapa cara mudah yang bisa membantu Anda meredakan flu dan pilek yang diderita.

Liputan6.com, Jakarta - Flu dan pilek menjadi salah satu penyakit yang banyak diidap orang akhir-akhir ini. Tentu flu dan pilek dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Namunm jika Anda berpikir Anda bisa membersihkan virus dalam sehari, Dr Dan Robertson, petugas medis di Push Doctor, punya kabar buruk untuk Anda.

"Sayangnya, tidak mungkin untuk menghilangkan flu dalam semalam bukan itu cara kerja flu," jelasnya. "Untuk pulih, tubuh Anda perlu merangsang respons sistem kekebalan, membunuh virus, dan memperbaiki dirinya sendiri. Ini membutuhkan waktu dan tidak ada cara untuk terburu-buru."

"Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah meredakan gejala pilek sampai virus keluar dari sistem Anda," kata Dr Robertson.

Tapi jangan khawatir, dilansir dari ​​womenshealthmag, ada beberapa cara mudah yang bisa membantu Anda meredakan flu dan pilek.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Konsumsi Sup Hangat

Sup hangat, khususnya sup ayam telah terbukti mengandung zat dengan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu Anda meredakan beberapa gejala flu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chest, menemukan bahwa sup yang mengandung ayam, bawang, ubi jalar, lobak, wortel, batang seledri, dan peterseli, dengan tambahan garam dan merica, menuai hasil terbesar.

Cobalah mengunyah bawang putih yang mengandung antibakteri. Kabar baiknya, penelitian terbaru menyatakan bahwa bawang putih sebenarnya paling baik dimakan dengan dimasak, jadi tidak mentah. Hancurkan terlebih dahulu, lalu tumis atau panggang sebentar, untuk manfaat maksimal.

3 dari 5 halaman

2. Mandi Air Hangat

Mandi atau pancuran beruap akan meredakan hidung tersumbat dan membantu merilekskan tubuh Anda.

Menambahkan beberapa tetes minyak peppermint akan membuka saluran pernapasan Anda dan membantu mengatasi kepala yang pusing akibat flu.

4 dari 5 halaman

3. Minum Vitamin C

Ini mungkin terdengar klise, tapi mengonsumsi buah jeruk benar-benar dapat membantu menghilangkan flu dengan cepat. Mengkonsumsi 8g vitamin C setiap hari dapat mempersingkat pilek sebesar 19%, menurut penelitian dari University of Helsinki.

5 dari 5 halaman

4. Istirahat Cukup

Semua hal tersebut tak akan berguna jika tak dilengkapi dengan istirahat cukup. Perbanyaklah istirahat agar tubuh lebih cepat pulih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.