Sukses

Pusing dan Sakit Kepala Ringan, Gejala Aneh Omicron yang Dokter Sarankan Harus Diperhatikan

Dokter menyarankan kita untuk memperhatikan gejala aneh Omicron berikut ini: pusing dan sakit kepala ringan

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran varian Omicron telah kembali menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan menurut data Covid19.go.id, Kemenkes, dan KawalCovid19, pada 1 Februari 2022 lalu terdapat 16.021 laporan kasus baru. Ini merupakan yang tertinggi sejak 26 Agustus 2021.

Data menunjukkan bahwa varian Omicron tersebut cenderung tidak menyebabkan penyakit parah atau kematian, terutama bagi mereka yang telah divaksinasi dan mendapat booster. Di sisi lain, meskipun Covid-19 memiliki beberapa tanda yang sudah dikenal sejak awal pandemi, dokter memperingatkan bahwa ada satu gejala Omicron yang kurang diketahui mungkin kerap diabaikan.

Gejala tersebut yakni pusing atau sakit kepala ringan. Lalu bagaimana penjelasannya? Seperti dilaporkan oleh Bestlifeonline, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pusing atau sakit kepala ringan bisa menjadi tanda gejala Omicron

Salah satu tantangan lebih sulit yang ditimbulkan oleh COVID-19 sejak awal pandemi adalah memahami bagaimana hal itu dapat memengaruhi orang secara berbeda. Sekarang, dokter menyebut pusing atau sakit kepala ringan sebagai gejala Omicron yang kerap diabaikan dibandingkan dengan tanda-tanda infeksi lainnya.

Penelitian yang meningkat menunjukkan gejala tersebut telah dilaporkan pada pasien. Sebuah artikel yang diterbitkan di U.S. National Library of Medicine National Institutes of Health mengatakan bahwa "banyak penelitian" secara global telah menemukan virus Corona sebagai penyebabnya.

"Kami ingin menekankan bahwa pusing tidak boleh dianggap enteng karena telah terbukti menjadi manifestasi klinis yang menonjol di antara pasien COVID-19," tulis para penulis.

"Sangat penting bahwa dokter yang hadir tetap waspada, terutama ketika mengelola gejala nonspesifik seperti pusing, karena dapat dengan mudah diabaikan."

 

3 dari 5 halaman

Gejalanya terasa seperti "sensasi berputar"

Meskipun mungkin tidak mudah dikenali seperti batuk atau sakit tenggorokan, pejabat kesehatan mengatakan gejalanya sering terlihat. Menurut National Health Service (NHS) di Inggris, jenis pusing yang disebabkan oleh COVID-19 digambarkan sebagai "sensasi berputar atau rasa gerakan yang berubah yang sering disebut vertigo," sedangkan pusingnya seperti "merasa seolah-olah Anda bisa pingsan."

NHS mengatakan bahwa keduanya dapat membuat Anda merasa "sedikit tidak seimbang" dan dapat dirasakan "selama fase akut infeksi, selama pemulihan, atau sebagai bagian dari gejala long covid."

 

4 dari 5 halaman

Gejalanya juga umum dengan infeksi pernapasan lainnya

Para ahli menjelaskan bahwa COVID-19 dapat menyebabkan peradangan pada sinus dan telinga bagian dalam, mirip dengan penyakit pernapasan lainnya. Ini mempengaruhi sistem vestibular tubuh, yang digunakan otak untuk mengontrol keseimbangan.

"Jika infeksi telinga berkembang atau saluran Eustachius yang menghubungkan telinga dengan bagian belakang tenggorokan tersumbat, itu dapat menyebabkan perasaan pusing," Christine Greiss, MD, direktur Program Gegar otak di Institut Rehabilitasi JFK Johnson, mengatakan kepada Hackensack Meridian Health dalam sebuah wawancara.

NHS menyarankan bahwa siapa pun yang memperhatikan pusing sebagai gejala COVID-19 harus bergerak perlahan ketika berpindah dari posisi berbaring ke duduk ke berdiri, mengambil satu atau dua menit untuk membantu sensasi berlalu sebelum mencoba bangun.

Badan tersebut juga menyarankan bahwa siapa pun dengan gejala yang terus-menerus atau memburuk, pingsan atau jatuh yang tidak dapat dijelaskan, telinga berdenging yang dikenal sebagai tinnitus, atau kehilangan pendengaran harus menjadwalkan janji temu dengan penyedia layanan kesehatan mereka.

 

5 dari 5 halaman

Gejala Omicron Anda yang lain kemungkinan akan terpengaruh oleh status vaksinasi Anda

Selain mengalami pusing, cara varian Omicron bermanifestasi pada pasien tampaknya berbeda antara individu yang divaksinasi dan yang tidak divaksinasi. Maya N. Clark-Cutaia, PhD, seorang profesor di New York University Meyers College of Nursing, mengatakan kepada The New York Times bahwa pasien yang divaksinasi yang terinfeksi Omicron cenderung lebih sering mengeluh sakit kepala, nyeri tubuh, dan demam; gejala "seperti pilek yang sangat parah."

Di sisi lain, sesak napas, batuk, dan gejala mirip flu lainnya hanya benar-benar menyerang orang yang tidak divaksinasi yang terinfeksi varian ini.

Craig Spencer, MD, direktur Kesehatan Global dalam Pengobatan Darurat di New York-Presbyterian dan Pusat Medis Universitas Columbia, mengatakan bahwa orang yang telah mendapat booster juga mungkin mengalami sakit tenggorokan, sementara mereka yang diberi dua dosis mungkin juga lelah dan mengalami batuk.

"Tapi tidak ada sesak napas. Tidak ada kesulitan bernapas," cuitnya pada 26 Desember.

Hilangnya bau dan rasa adalah gejala yang kurang umum dengan Omicron. Tetapi mereka yang memiliki kasus terobosan mungkin juga kehilangan satu tanda COVID yang sebelumnya dapat dilihat: demam.

"Saya pikir apa yang kami alami, bagaimanapun, adalah untuk orang yang divaksinasi, atau divaksinasi dan dikuatkan, kami tidak melihat banyak demam, jika ada, dibandingkan dengan orang yang tidak divaksinasi," Judith O'Donnell, MD, dari kepala penyakit menular di Penn Presbyterian Medical Center, mengatakan kepada The Philadelphia Inquirer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang banyak dirasakan orang dewasa.

    Sakit Kepala

  • Pusing merupakan keadaan yang menggambarkan perasaan kehilangan keseimbangan.

    Pusing