Sukses

Kelelahan dan Nyeri Punggung Bawah, Gejala Omicron yang Kerap Diabaikan

Nyeri punggung bawah dapat menjadi gejala Omicron yang kerap diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Pembawa acara Good Morning America Amy Robach baru-baru ini berbagi tentang infeksi Covid-19 dari varian Omicron dan bagaimana dia melewatkan gejalanya: kelelahan dan nyeri punggung bawah. Dalam foto yang dia unggah di Instagram-nya, dia berbicara tentang bagaimana dia melewatkan gejala awal Omicron ini dan menganggapnya karena latihan yang terlalu keras.

Media sosial Amy Robach dibanjiri dengan harapan dan doa dari warganet agar ia segera sembuh. Meski demikian, dengan ini muncul pertanyaan: apakah kita semua melakukan hal yang sama?

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Amy Robach (@ajrobach)

Kelelahan dan nyeri punggung bawah adalah sedikit dari banyak masalah yang dipelajari manusia untuk bertahan hidup. Meskipun ini adalah kondisi yang mendasari banyak penyakit, laporan hubungannya dengan COVID-19 belum terlalu banyak dibahas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Varian yang mendominasi

Saat virus corona berkembang, begitu pula gejalanya pada manusia. Saat ini, varian Omicron adalah jenis virus corona yang dominan dan bertanggung jawab atas sebagian besar infeksi COVID-19 yang disebabkan di seluruh dunia.

"Omicron dengan cepat menggantikan Delta di mana-mana, dengan efek penggantian yang lebih cepat daripada yang pernah terlihat sebelumnya dalam pandemi ini," kata WHO.

Varian super-penyebar COVID-19 ini diketahui juga menyebabkan infeksi terobosan.

"Vaksin saat ini diharapkan dapat melindungi terhadap penyakit parah, rawat inap, dan kematian akibat infeksi varian Omicron. Namun, terobosan infeksi pada orang yang divaksinasi lengkap kemungkinan akan terjadi."

"Dengan varian lain, seperti Delta, vaksin tetap efektif di mencegah penyakit parah, rawat inap, dan kematian. Kemunculan Omicron baru-baru ini semakin menekankan pentingnya vaksinasi dan booster," kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

 

3 dari 6 halaman

Vaksin melindungi dari infeksi

Vaksin tetap menjadi tingkat perlindungan tertinggi terhadap virus.

"Meskipun infeksi terobosan setelah vaksinasi juga lebih umum dengan Omicron daripada varian sebelumnya, vaksinasi terus melindungi dengan baik terhadap penyakit parah," kata sebuah laporan dari Harvard Medical School.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan tes COVID-19 dan tidak mengabaikannya dengan asumsi bahwa varian Omicron adalah varian virus yang lebih ringan. Meskipun laporan telah menyarankan untuk menjadi varian ringan, ia mampu menyebabkan infeksi dan tidak boleh diabaikan dengan cara apa pun.

 

4 dari 6 halaman

Pentingnya mendapat perawatan yang tepat

Sebuah laporan WHO yang dirilis pada 17 Januari mengatakan Omicron menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat pertumbuhan; peningkatan risiko kontak dekat menjadi kasus sekunder; dan peningkatan jumlah orang yang diamati terinfeksi oleh kasus indeks dibandingkan dengan Delta.

Mengikuti tingkat infeksi dan terjadinya infeksi terobosan, sangat penting untuk mengawasi fungsi tubuh dan mendapatkan perawatan yang tepat segera setelah gejala muncul.

 

5 dari 6 halaman

Gejala umum varian Omicron

Sesuai laporan, kelelahan adalah salah satu gejala paling umum dari COVID-19 yang diinduksi Omicron meskipun terjadinya nyeri otot atau nyeri tubuh terlihat pada lebih sedikit individu.

Gejala umum lainnya yang terkait dengan infeksi Omicron COVID-19 adalah: pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin, demam ringan, tenggorokan gatal, nyeri tubuh yang ekstrem, berkeringat pada malam hari, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.