Sukses

Tanpa Obat, 5 Cara Tak Biasa yang Bikin Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu memiliki masalah dalam menumbuhkan rambut. Proses menumbuhkan rambut bisa sangat menantang dan bahkan membuat frustasi. 

Berbagai cara pun dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, mulai menggunakan obat hingga rutin melakukan perawatan rambut. Meski Anda telah melakukan segalanya dengan benar, namun Anda masih belum melihat banyak kemajuan? 

Sebenarnya ada beberapa cara mudah dan tak disangka yang bisa membuat rambutmu tumbuh lebih cepat. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Senin (24/1/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Tambahkan garam ke sampo

Menjaga kulit kepalamu tetap sehat menjadi salah satu langkah terpenting untuk memiliki rambut indah. 

Mencampur garam epsom ke dalam sampo bisa membantu menambah volume pada rambutmu dan membantu kulit kepala bebas minyak lebih lama.

Garam espom telah banyak digunakan dalam perawatan rambut, dan karena kaya akan magnesium, bisa memperkuat kulit kepala dan rambutmu.

Area kulitmu yang memiliki banyak folikel rambut, seperti kulit kepala, bisa menyerap magnesium lebih baik dan mendapat manfaat paling banyak. 

 

3 dari 6 halaman

2. Pakai topi

Meski vitamin D sangat penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan, tapi  terlalu banyak berada di bawah sinar matahari bisa merusak tidak hanya kulitmu tapi juga rambutmu. 

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa mempengaruhi struktur rambutmu dan melemahkan pigmen dan proteinnya.

Pakar bahkan merekomendasikan untuk mengoleskan tabir surya ke kulit kepalamu jika Anda melihat rambutmu mulai menipis.

Membatasi waktumu di bawah sinar matahari dan mengenakan topi akan melindungi kulit dan rambutmu dari sinar UV yang berbahaya, dan membantu rambutmu tumbuh lebih cepat

4 dari 6 halaman

3. Hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer

Pengering rambut memang membantumu memberikan hasil yang layak di salon dalam waktu singkat. Namun, menggunakannya terlalu sering bisa melemahkan helai rambutmu dan membuatnya rentan terhadap kerusakan. 

Karena pengering mengeluarkan panas yang intens dan terfokus langsung ke rambutmu, itu menyebabkan rambutmu kehilangan banyak kelembapan.

Rambut yang dehidrasi mudah patah dan tidak bisa tumbuh panjang. Jika Anda mencoba menumbuhkan rambutmu, coba untuk hindari pengering rambut dan alat penata rambut lainnya.

5 dari 6 halaman

4. Jangan menggunakan sarung bantal katun

Mengganti sarung bantal katun dengan yang sutra bisa meningkatkan kualitas rambutmu secara keseluruhan dan membuatnya tumbuh lebih cepat. 

Serat kapas menciptakan gesekan, yang pada gilirannya melemahkan rambutmu dan menghilangkan kelembapan alaminya.

Sutra memiliki permukaan yang jauh lebih halus dan memungkinkan rambutmu bertumbuh di atasnya saat Anda tidur, membantu mengurangi kerusakan dan ujung bercabang.

6 dari 6 halaman

5. Sisir rambut sebelum tidur

Menyisir rambut memungkinkanmu mendistribusikan minyak kulit kepala ke rambut dan menjaganya tetap terhidrasi dan ternutrisi secara alami.

Karena rambut kering lebih rentan terhadap kerusakan dan patah, hal itu bisa membuat rambutmu tidak tumbuh.