Sukses

6 Tips Merangsang Pertumbuhan Rambut

Liputan6.com, Jakarta - Rambut yang tak kunjung tumbuh atau memanjang memang bikin frustrasi bagi sebagian orang. Selain faktor genetik, ada beberapa faktor lain yang menentukan pertumbuhan rambut seseorang.

Namun, dengan banyak pilihan perawatan alami yang tepat, mendapatkan rambut impian Anda tidak harus terasa terlalu mengada-ada. 

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut, menurut para pakar, dilansir dari Byride:

 

2 dari 5 halaman

1. Pijat Kulit Kepala

Ahli bedah restorasi rambut bersertifikat dan anggota dewan penasihat untuk World Trichology Society, Dr Alan J Bauman menjelaskan bahwa dasar untuk pertumbuhan rambut yang sehat adalah kulit kepala.

Sama halnya seperti tanah berkualitas baik untuk menumbuhkan tanaman maupun bunga yang cantik, kulit kepala yang sehat merupakan dasar untuk pertumbuhan rambut yang sehat pula.  

 

Agar kulit kepala senantiasa sehat, cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah guna merangsang pertumbuhan rambut adalah dengan memijat kulit kepala sendiri.

"Ini akan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala Anda, meningkatkan kekuatan akar rambut, dan membantu nutrisi masuk ke folikel lebih cepat," katanya. 

2. Kenakan Topi Saat Keluar

Meskipun vitamin D sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tulang, terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari pun dapat merusak tidak hanya kulit Anda tetapi juga rambut Anda.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memengaruhi struktur rambut Anda dan melemahkan pigmen dan proteinnya.

Membatasi waktu Anda di bawah sinar matahari dan mengenakan topi akan melindungi kulit dan rambut Anda dari sinar UV yang berbahaya, dan membantu rambut Anda tumbuh lebih cepat.

3 dari 5 halaman

3. Hindari Merokok

Alan menyadari bahwa merokok adalah pilihan pribadi. Namun, perlu dipahami bahwa merokok dapat memengaruhi rambut Anda.

"Merokok membatasi aliran darah ke kulit kepala dan folikel, yang pada gilirannya, membatasi oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan rambut dan kulit kepala agar sehat," kata Bauman.

Juga, racun dari merokok dapat meresap ke dalam folikel rambut dan menyebabkan gangguan.

4. Keringkan Rambut Dengan Udara

Anda mungkin sudah mengetahuinya, tetapi penata rambut mana pun akan memberi tahu Anda cara paling jelas untuk membantu rambut Anda tumbuh lebih cepat adalah dengan membuang rutinitas alat-alat panas Anda.

"Blow-dryer dan styling iron tentu saja dapat merusak rambut Anda dengan membuatnya kering dan rapuh, yang dapat menyebabkan kerusakan dan panjang rambut yang lebih pendek," Alan memberi saran.

"Jika Anda mencoba menumbuhkan rambut Anda, saya sarankan mengeringkan rambut Anda dengan udara dan menghindari alat panas. Jika Anda menggunakan alat panas, saya sarankan menggunakan semprotan pelindung panas," katanya.

4 dari 5 halaman

5. Tidur di Sarung Bantal Sutra

Sarung bantal sutra atau satin lebih baik untuk kesehatan rambut Anda daripada katun, yang akan menyerap semua kelembapan dari helaian rambut Anda dan menyebabkan kusut dan patah.

Meskipun ini tidak serta merta mempercepat proses pertumbuhan rambut, tidur di atas sarung bantal sutra menghasilkan lebih sedikit gesekan dan memberikan permukaan yang lebih lembut pada rambut untuk beristirahat.

6. Sisir Rambut Sebelum Tidur Dengan Lembut

Meskipun tidur dengan rambut yang tidak disisir mungkin terasa menggoda, terutama saat Anda lelah, menghabiskan beberapa menit menyisirnya justru dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Menyisir rambut memungkinkan Anda mendistribusikan minyak kulit kepala ke rambut dan menjaganya tetap terhidrasi dan ternutrisi secara alami. Karena rambut kering lebih rentan terhadap kerusakan dan patah, hal itu dapat membuat kunci Anda tidak tumbuh.

Selain itu, cobalah untuk menyisir rambut Anda dengan lembut agar tidak menyebabkan helai rambut Anda putus dan terbelah. 

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi