Sukses

5 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan, Bantu Redakan Nyeri hingga Depresi

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak tahu jamu kunyit asam? Minuman herbal ini sangat populer di Indonesia. Sebab, banyak manfaat kunyit asam untuk kesehatan.

Bahan utama dari jamu kunyit asam sendiri berasal dari kunyit, rempah-rempah yang berasal dari akar tanaman curcuma longa.

Kunyit memiliki bahan aktif utama bernama kurkumin. Hal itu yang membuat kunyit berwarna kuning. Kurkumin bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat kunyit asam yang bisa didapatkan tubuh? Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut daftar manfaat kunyit asam untuk kesehatan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Daya Ingat

Dalam sebuah uji klinis yang dilakukan peneliti, kunyit asam sebanyak 90 miligram yang diminum dua kali sehari selama 18 bulan bisa membantu meningkatkan daya ingat pada orang dewasa.

Hal ini kemungkinan bisa mencegah seseorang memiliki penyakit Alzheimer. Namun, tetap membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

3 dari 6 halaman

2. Meredakan Nyeri

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda, kunyit memiliki akar yang bermanfaat untuk mengobati radang sendi.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kunyit asam bisa mengurangi rasa nyeri akibat peradangan kronis sendi.

4 dari 6 halaman

3. Melawan Radikal Bebas

Kandungan pada kunyit bersifat antioksidan, di mana hal ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Efek antioksidan ini juga bisa merangsang aktivitas antioksidan yang lain.

5 dari 6 halaman

4. Membantu Melawan Depresi

Saat Depresi, brain-derived neurotrophic factor (BDNF) atau sistem yang membantu pembelajaran dan memori semakin menurun. Kunyit asam disebut bisa meningkatkan kembali kadar BDNF tersebut.

Selain itu, kurkumin diklaim mampu meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, sehingga bisa mengurangi gejala depresi.

6 dari 6 halaman

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dalam kunyit bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini ternyata berpengaruh dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit aman dikonsumsi oleh semua orang. Selain mengurangi risiko panyakit jantung, kunyit juga bisa menurunkan kadar kolesterol.