Sukses

Cegah Dibobol Maling, Pengendara Sengaja Biarkan Bagasi Mobil Terbuka Saat Diparkir

San Francisco dan Okland mencatat telah ada peningkatan yang cukup besar dalam pembobolan kendaraan dalam beberapa bulan terakhir.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Tingkah para pemilik kendaraan di San Francisco Bay Area, Amerika Serikat, baru-baru ini menarik perhatian publik. Bagaimana tidak, demi mencegah pembobolan oleh sekelompok maling, mereka membiarkan mobilnya diparkir dengan bagasi terbuka.

Melansir dari Oddity Central, Selasa (21/12/2021), San Francisco dan Okland mencatat telah ada peningkatan yang cukup besar dalam pembobolan kendaraan dalam beberapa bulan terakhir.

Bahkan, sehingga orang lebih suka membiarkan mobil mereka terbuka lebar hanya untuk menunjukkan kepada calon pencuri bahwa mereka tidak memiliki barang yang layak untuk dicuri.

Menurut beberapa stasiun berita lokal, semakin banyak penduduk yang mulai mengambil semua barang berharga dari kendaraan mereka, membuka kunci pintu dan membiarkan bagasi terbuka saat mereka meninggalkannya di parkiran.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencegah maling memecahkan kaca jendela

Itu dilakukan setidaknya agar pencuri tidak perlu memecahkan kaca jendela untuk mencari barang berharga di dalam mobil yang diparkir.

“Tidak apa-apa di mobil saya dan mereka bisa melihat bahwa tidak ada yang bisa dibawa,” kata pemilik bisnis di Oakland, Parisa Hemmat kepada Inside Edition, saat dia meninggalkan mobilnya dengan bagasi terbuka lebar.

 

3 dari 4 halaman

Pengendara lainnya menggunakan cara lain

NBC Bay Area melaporkan bahwa pembobolan di San Francisco telah melonjak hampir 200% sejak tahun lalu, dengan sekitar 74 pembobolan baru dilaporkan setiap hari.

Beberapa pemilik mobil bahkan telah beralih ke tanda di jendela yang bertuliskan “Tolong gunakan pintunya,” atau “Tolong jangan pecahkan kaca! Tidak ada apa-apa di dalam!”

 

4 dari 4 halaman

Polisi menghimbau untuk tak melakukannya

Meski membiarkan mobil dengan pintu tidak terkunci dan bahkan dengan bagasi terbuka saat diparkir menjadi populer di Bay Area, polisi memperingatkan pengendara agar tidak melakukannya.

“Mereka bisa mencuri bateraimu dan banmu,” kata mantan wakil kepala polisi San Francisco, Garret Tom kepada ABC 7.

“Mereka bisa masuk ke kompartemen sarung tanganmu dan menemukan di mana Anda tinggal. Ini adalah undangan untuk bencana,” lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.