Sukses

Kenali 5 Tanda Cemburu yang Tidak Sehat, Bikin Hubungan Toxic

Liputan6.com, Jakarta - Kecemburuan tidak dapat disangkal. Cemburu bisa menjadi perasaan terburuk yang dapat dimiliki seseorang, terutama jika pasanganmu memproyeksikan perasaan cemburu menjadi posesif yang ekstrem, sehingga membatasimu untuk mengerjakan sesuatu atau hanya sekadar bertemu teman. 

Sementara beberapa individu mungkin setuju bahwa sedikit kecemburuan selalu membuat percikan tetap hidup dalam suatu hubungan cinta, terlalu banyak kecemburuan juga dapat menghancurkannya secara perlahan. Hal ini sering tidak disadari oleh sebagian besar pasangan, maka coba bicarakan dengan baik.  

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tanda Anda memiliki pasangan yang tidak sehat dalam cemburu, seperti melansir dari Times Of India, Sabtu (18/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Terlalu terobsesi denganmu

Jika pasangan Anda menginginkanmu untuk dirinya sendiri, sepanjang waktu, maka itu adalah tanda perilaku cemburu yang tidak sehat.

Mereka sangat terobsesi denganmu sehingga mereka tidak menyukai gagasan Anda membutuhkan waktu sendiri ataupun menghabiskan waktu bersama orang lain.

3 dari 6 halaman

2. Bergantung secara emosional

Mereka terlalu bergantung padamu untuk dukungan emosional mereka. Alih-alih puas dengan apa yang mereka miliki, mereka ingin Anda selalu ada untuk mereka, setiap detik dan menit dalam sehari. Hingga mungkin tidak memperhatikan waktu dan ketersediaan Anda.

4 dari 6 halaman

3. Suka mengontrol

Salah satu tanda pertama orang cemburu adalah mereka suka mengontrol dan memanipulasi orang. Dan jika pasangan Anda membuat Anda merasa buruk, simpatik, bersalah dll sesuai dengan suasana hati dan keinginan mereka, maka coba bicarakan lagi.

5 dari 6 halaman

4. Melacakmu hingga media sosial

Anda akan selalu menemukan pasangan Anda di bagian atas daftar apa pun yang berhubungan dengan Anda tanpa terkecuali media sosial.

Meskipun Anda mungkin berpikir itu baik bahwa mereka sangat perhatian, itu mungkin tidak begitu baik, karena mereka membuntutimu terus menerus untuk mengetahui keberadaanmu. Selalu merasa diawasi itu tidak enak, sesekali berikan ruang sendiri untuk pasangan itu penting.

6 dari 6 halaman

5. Anda harus memvalidasi setiap tindakan

Apakah Anda selalu merasa tertekan untuk memberi tahu pasanganmu tentang segalanya? Itu karena mereka secara tidak sadar mengendalikanmu. 

Anda merasa harus memvalidasi setiap tindakan agar mereka merasa puas. Anda juga takut membuat mereka marah.

Kenali batasan pasanganmu. Mencintai bukan membebani, membahagiakan bukan menekan, maka bicarakan.

 

Penulis:

Ulwanul Askan

UIN Jakarta

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS