Sukses

Studi: Minum Minuman Berkafein Sebelum Berolahraga dapat Tingkatkan Risiko Pembekuan Darah

Ternyata minum minuman berkafein sebelum berolahraga dapat meningkatkan risiko pembekuan darah. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Tetap terhidrasi saat berolahraga sangat penting, tidak hanya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan tetapi juga untuk ketahanan olahraga Anda. Bagaimanapun, ini adalah kunci untuk menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh Anda, membantu sendi dan otot Anda berfungsi secara optimal, menjaga energi, dan tentu saja, memuaskan dahaga Anda saat Anda berkeringat.

Tetapi para ahli mengatakan ada satu jenis minuman yang mungkin membahayakan Anda saat berolahraga, dan itu digunakan oleh banyak atlet untuk menjaga energi mereka. Studi mengatakan bahwa meminum minuman yang satu ini sebenarnya dapat meningkatkan risiko pembekuan darah ketika dipasangkan dengan olahraga berat.

Minuman tersebut adalah minuman berkafein. Lalu, bagaimana hubungan minuman berkafein dengan risiko pembekuan darah setelah olahraga berat? Berikut penjelasannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penelitiannya

Banyak atlet yang ingin meningkatkan kinerja mereka mengandalkan kafein untuk dorongan sebelum atau pertengahan latihan. Namun para ahli telah menemukan bahwa mungkin ada efek samping yang berpotensi serius pada minuman berkafein, terlebih minuman energi yang berkafein pilihan Anda.

Dalam sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, para peneliti mengetahui bahwa minum kafein meningkatkan koagulasi selama sesi latihan berat yang akut. Ini menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk pembekuan darah.

Tim peneliti mengatur dua sesi latihan untuk 48 pria muda dengan usia rata-rata 23 tahun dan indeks massa tubuh normal. Peserta penelitian diberi minuman — pertama plasebo dan kemudian minuman yang mengandung kafein — sebelum menyelesaikan latihan yang menantang dengan sepeda olahraga.

 

3 dari 6 halaman

Hasil penelitian

Mereka kemudian diambil darahnya. Para peneliti mengamati bahwa setelah mengonsumsi kafein, tingkat koagulasi secara signifikan lebih tinggi. Ini menempatkan subjek penelitian pada peningkatan risiko kondisi seperti serangan jantung, stroke, trombosis vena dalam, atau emboli paru.

 

4 dari 6 halaman

Risiko makin besar jika memiliki penyakit bawaan

Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa meskipun kafein memang dapat meningkatkan kadar koagulasi, ini tidak berarti semua orang berisiko serius terhadap pembekuan.

“Bagi kebanyakan orang, kafein aman, begitu juga untuk berolahraga,” kata Paul Nagelkirk, PhD, direktur Integrative Exercise Physiology Laboratory di Ball State University, kepada Runner's World pada 2019.

“Meski demikian, orang dewasa sehat yang terbiasa menikmati manfaat kafein sebagai rutinitas pra-latihan atau pra-kompetisi, memiliki sedikit alasan untuk khawatir tentang potensi pembekuan darah," tambahnya.

Karena itu, mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau riwayat merokok — semua faktor risiko pembekuan darah — sebaiknya menghindari kafein di sekitar latihan berintensitas tinggi mereka.

 

5 dari 6 halaman

Ambang batas khusus untuk asupan kafein yang aman

Jadi, berapa banyak kafein yang terlalu banyak? Menurut Mayo Clinic, "Hingga 400 miligram (mg) kafein sehari tampaknya aman untuk kebanyakan orang dewasa yang sehat."

Para ahli mereka mencatat bahwa 400 miligram setara dengan kira-kira "empat cangkir kopi yang diseduh, 10 kaleng cola atau dua kaleng minuman 'energi'."

Beberapa orang, termasuk mereka yang sedang hamil, ingin hamil, atau sedang menyusui, dapat mengambil manfaat dari membatasi asupan kafein di bawah 200 miligram setiap hari.

Bahkan di antara orang dewasa yang sehat tanpa pertimbangan kesehatan yang penting, "kafein mungkin bukan pilihan yang baik untuk orang yang sangat sensitif terhadap efeknya," tambah Mayo Clinic.

 

6 dari 6 halaman

Hindari bubuk dan pil kafein, serta minuman energi tertentu

Jika Anda ingin membatasi asupan Anda, Mayo Clinic mengatakan yang terbaik adalah mengurangi bubuk dan pil kafein, yang dapat memiliki jumlah kafein yang sangat tinggi di dalamnya — lebih dari yang sering disadari konsumen.

"Hanya satu sendok teh kafein bubuk setara dengan sekitar 28 cangkir kopi. Kafein tingkat tinggi seperti itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan mungkin kematian," klinik memperingatkan.

Catatan lebih lanjut bahwa minuman energi—bagi sebagian orang yang dianggap sebagai bahan pokok olahraga—sangat berbeda dalam kandungan kafein tergantung pada mereknya.

"Perlu diingat bahwa kandungan kafein sebenarnya dalam minuman sangat bervariasi, terutama di antara minuman energi," kata Mayo Clinic.

Mengingat peningkatan risiko pembekuan yang terkait dengan olahraga, ini adalah saran yang sangat penting bagi mereka yang mengandalkan minuman berkafein sebagai bagian dari rutinitas olahraga mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.