Sukses

Inilah Doa yang Dibaca Nabi Muhammad SAW Seusai Sholat Tahajud

Liputan6.com, Jakarta - Sholat tahajud menjadi sholat sunnah yang paling utama. Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan yang dapat diperoleh.

Ibadah ini menjadi salah satu sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam. Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya juga mengerjakan sholat tahajud.

Dilakukan untuk menambah amalan semasa hidup. Selain itu, keutamaan sholat tahajud juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, mendapat perlindungan dari Allah SWT dari segala bencana, dikabulkan doa-doa, dan masih banyak lagi.

Seperti pada umumnya, sehabis sholat membaca doa untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT. Begitu juga dengan sholat tahajud, jangan lupa untuk membaca doa setelah sholat tahajud agar ibadah semakin sempurna.

Berikut tata cara sholat tahajud serta doa setelah sholat tahajud yang dirangkum dari Dream, Rabu (1/12/21).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Tahajud

Pembeda sholat tahajud dengan sholat lainnya yaitu waktu dan rakaat sholatnya. Sholat tahajud dilaksanakan pada waktu malam setelah bangun dari tidur, diutamakan sekitar pukul 01.00 sampai menjelang subuh.

Minimal rakaat sholat tahajud yaitu 2 rakaat, dan bisa dilanjutkan hingga 12 dan seterusnya. Berikut tata cara sholat tahajud:

  1. Niat Sholat Tahajud

    أُصَلِّيْسُنَّةَالتَهَجُّدِرَكْعَتَيْنِلِلهِتَعَالَى

    Artinya: "Aku menyengaja sembahyang sunah tahajud dua rakaat karena Allah."

  2. Takbiratul ihram serta doa iftitah

  3. Membaca surat Al-Fatihah

  4. Membaca surat pendek yang ada dalam Al-Quran

  5. Rukuk

  6. Itidal

  7. Sujud

  8. Rakaat kedua mengulang seperti halnya rakaat pertama

  9. Tahiyat akhir

  10. Salam

3 dari 4 halaman

Doa Sholat Tahajud

Berikut doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَااَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya: "Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau penegak langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mu lah segala puji, kepunyaan Engkaulah kerajaan langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mu lah segala puji, Engkaulah Pemberi cahaya langit dan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya. Bagi-Mu lah segala puji, Engkaulah Penguasa Langit dan bumi.

Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Yang Maha Benar, janji-Mu itu benar, bertemu dengan-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, surga itu benar, neraka itu benar, para Nabi itu benar, Muhammad saw itu benar, kiamat itu benar. Ya Allah, hanya kepada-Mu lah saya berserah diri, kepada-Mu lah saya beriman, kepada-Mu saya bertawakal.

Kepada-Mu saya kembali, kepada-Mu saya mengadu, dan kepada-Mu saya berhukum. Maka, ampunilah dosaku yang telah lampau dan yang kemudian, yang saya sembunyikan dan yang terang-terangan, dan yang lebih Engkau ketahui daripada saya, Engkaulah yang mendahulukan dan Engkaulah yang mengemudiankan, tidak ada Tuhan melainkan Engkau."

 

Penulis: Alicia Salsabila

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Kelelahan Pandemi Covid-19