Sukses

Seberapa Sering Anda Harus Keramas? Ini Kata Ahli

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang sudah terbiasa mencuci rambut setiap hari untuk menghindari rambut berminyak dan mendapatkan tampilan yang segar dan bersih.  Namun jika Anda mencuci rambut setiap hari, rambut Anda akan berisiko kering bahkan bisa lebih mudah berminyak atau lepek. 

Seberapa sering kita harus keramassebenarnya tergantung dari jenis rambut masing-masing orang. Selain itu, untuk menjaga rambut agar tetap sehat ternyata kita tidak perlu mencucinya setiap hari. Nah berikut ini ada beberapa hal yang dijelaskan oleh para ahli mengenai seberapa sering Anda harus mencuci rambut, seperti melansir dari Brightside.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Tergantung pada Jenis Rambut

Sebagian orang ada yang memilih untuk mencuci rambut setiap hari dan sebagian lainnya ada yang terbiasa keramas cukup 2-3 kali seminggu saja. Jika Anda memiliki rambut yang tipis dan halus, mungkin Anda akan mencucinya setiap hari karena rambut Anda cenderung lebih cepat berminyak. 

Sementara itu, berbeda dengan orang yang memiliki jenis rambut keriting. Jika Anda salah satunya, Anda hanya perlu mencuci sebanyak 1-2 minggu sekali. Pastikan Anda menggunakan sampo yang ringan dan menggunakan conditioner agar rambut Anda tidak kering.

3 dari 6 halaman

Jika Rambut Anda Terasa Berminyak

Jika rambutmu sudah terasa berminyak, sudah pasti Anda tergoda untuk mencucinya. Namun, sebum yang dihasilkan oleh kulit kepala Anda sebenarnya penting untuk kesehatan dan kelembaban helai rambut Anda. 

Mencuci rambut setiap hari bisa membuat helai rambut Anda menjadi kering dan kehilangan minyak alami. Dengan begitu, ujung rambut Anda bisa terasa kasar dan lebih sulit untuk diatur. Selain itu, jika Anda mencuci rambut setiap hari, kulit kepala Anda akan menghasilkan lebih banyak sebum. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mencuci rambut setiap 2 hingga 3 hari untuk menghindari rambut mudah berminyak dan iritasi kulit kepala. 

4 dari 6 halaman

Jika Anda Sering Berolahraga

Kurang rasanya jika kita tidak keramas usai berolahraga. Mandi setelah berolahraga tidak hanya membuat Anda bersih tetapi juga bisa membantu otot Anda pulih lebih cepat. Jika Anda rutin berolahraga, Anda bisa mencuci rambut setelah olahraga. 

Keramas setelah berolahraga bisa mencegah kulit Anda dari infeksi jamur dan pori-pori tersumbat yang mana bisa memperlambat pertumbuhan rambut, bahkan menyebabkan rambut rontok. 

5 dari 6 halaman

Jika Anda Sering Menggunakan Gel Rambut

Apakah Anda sering menggunakan gel rambut? Jika ya, rambut Anda mungkin akan menjadi tipis dan mudah rapuh. Menggunakan gel rambut memang membantu rambut Anda menjadi mudah diatur. Namun jika Anda menggunakannya terlalu sering, produk tersebut akan menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan gatal. Jika Anda sedang menggunakan gel rambut, pastikan untuk mencuci rambut Anda sampai bersih, jangan sampai ada produk yang tersisa. 

6 dari 6 halaman

Jika Rambut Diwarnai

Mewarnai rambut adalah hal yang menyenangkan. Tetapi, jika Anda ingin warna rambut Anda bisa bertahan lebih lama, Anda disarankan untuk mencuci rambut sebanyak 2-3 kali seminggu. Ini sudah cukup untuk menjaga rambut Anda tetap bersih dan membuat warna rambut bertahan lebih lama.

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara