Sukses

Pahami Kondisi Kesehatanmu, Ini 5 Tips untuk Memahami Tanda-Tandanya

Apakah tubuh Anda mengalami salah satu tanda di bawah ini?

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki hidup yang sehat dan bugar adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. Dengan memiliki kesehatan tubuh yang baik, akan membantu Anda untuk menjalani hidup dengan baik karena tubuh Anda rentan terhadap penyakit. 

Jika Anda sedang merasa stres atau lelah, kemungkinan tubuh Anda akan menimbulkan beberapa tanda salah satunya seperti sariawan. Timbulnya beberapa tanda pada tubuh Anda tergantung pada kondisi tubuh Anda masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa membantu Anda memahami kondisi tubuh Anda, melansir dari Brightside, Rabu (10/11/21).

 

Timbul garis-garis di leher

Perempuan pascamenopause menghasilkan lebih sedikit estrogen (Hormon reproduksi) daripada  yang dibutuhkan tubuh mereka untuk menjaga kekuatan. Memiliki kerutan leher yang dalam merupakan salah satu tanda yang mengkhawatirkan bahwa tulang Anda menjadi lebih rapuh yang artinya tulang cenderung lebih mudah patah.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi kalsium dan vitamin D. Suplemen ini baik untuk menghindari osteoporosis.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sariawan di mulut dan di lidah

Biasanya sariawan muncul karena Anda memiliki alergi, merokok, radang, atau tidak sengaja menggigit lidah atau bibir Anda. Namun jika Anda tidak mengalami hal tersebut tetapi timbul sariawan, kemungkinan tubuh Anda kekurangan vitamin B12, zat besi, atau folat. 

Selain itu, beberapa tanda peringatan lainnya mungkin kelelahan, pusing, detak jantung tidak teratur, dan kelemahan otot. Jika Anda mengalami semua ini, Anda harus melakukan beberapa perubahan pada makanan yang Anda konsumsi dan pastikan Anda juga mengonsumsi suplemen yang diperlukan.

3 dari 5 halaman

Kuku terkelupas, kutikula kering, dan munculnya bintik-bintik pada kuku Anda

Umumnya, kuku yang mengelupas dan kutikula yang kering biasanya disebabkan oleh kurangnya zat besi dan dehidrasi. Jika tubuh Anda kekurangan zat besi dan tidak cepat diatasi, bisa menyebabkan anemia yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti nyeri dada. 

Selain itu, kuku yang mudah rapuh dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain kelanjar tiroid yang kurang aktif, penyakit paru-paru, hingga penyakit ginjal. Untuk menjaga kuku Anda tetap sehat, Anda bisa mengatasinya dengan menjaga kelembaban kuku Anda serta mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi. 

Kemudian, bintik-bintik putih pada kuku disebabkan oleh beberapa hal antara lain alergi, infeksi jamur, cedera, atau kekurangan mineral. 

4 dari 5 halaman

Tumit pecah-pecah

Jika Anda berdiri selama berjam-jam setiap hari, bisa menyebabkan tumit pecah-pecah. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain seperti kulit kering dan cuaca dingin. Namun, ternyata tumit pecah-pecah juga bisa menandakan masalah yang lebih serius seperti eksim, hipotiroidisme, hingga diabetes. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa merawat tumit Anda dengan merendamnya dalam air sabun selama 20 menit dan menggosoknya dengan batu apung. Kemudian, oleskan pelembab yang mengandung asam laktat, minyak jojoba, atau shea butter untuk menjaga kelembaban tumit Anda.

5 dari 5 halaman

Mata bengkak

Mata bengkak bisa disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan sehingga menyebabkan tubuh, wajah, dan area di bawah mata Anda menyimpan lebih banyak air.  Jadi, Anda perlu mengurangi konsumsi garam yang berlebihan dan meningkatkan asupan kalium. 

Selain itu, beberapa penyebab lain yang menyebabkan mata bengkak adalah kurang tidur, merokok, dan saluran air mata yang tersumbat. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.