Sukses

Arti Bulu Mata Jatuh Menurut Primbon Jawa, Selalu Dikaitkan dengan Asmara

Begini arti bulu mata jatuh menurut primbon Jawa, ungkapkan berbagai pertanda asmara.

Liputan6.com, Jakarta - Bulu mata jatuh merupakan hal yang lumrah bagi segelintir individu. Namun, bagi sebagian masyarakat Jawa, bulu mata jatuh kerap diartikan sebagai sebuah tanda.

Tak melulu soal kesehatan, masyarakat Jawa masih mempercayai apabila bulu mata jatuh, cepat atau lama akan mendapatkan suatu kabar atau kejadian, entah berupa kabar baik maupun buruk.

Primbon Jawa memiliki pengertian sendiri tetang rontoknya bulu mata. Menurutnya, bulu mata rontok atau jatuh memiliki mana yang berbeda tergantung pada bagian mana bulu mata tersebut jatuh, apakah bulu mata kiri ataukan bulu mata sisi kanan.

Lalu, apa arti bulu mata jatuh menurut primbon jawa? Berikut penjelasannya, seperti melansir dari Merdeka, Selasa (26/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kepercayaan Primbon Jawa

Dalam dunia medis, bulu mata yang rontok merupakan siklus alami yang bisa terjadi setiap enam hingga sepuluh minggu, yang terjadi bagi banyak individu setidaknya terdapat 1 hingga 5 helai kerontokannya.

Berbeda dengan kepercayaan sebagian masyarakat Indonesia, hingga saat ini rontoknya bulumata selalu dikaitkan dengan adanya makna atau pertanda, entah pertanda baik ataupun buruk.

Menurut primbon Jawa, bulu mata rontok atau jatuh merupakan suatu firasat bentuk kejadian. Secara umum, jatuhnya bulu mata kerap diartikan sebagai pertanda asmara, terutama adanya sebuah mitos asmara yang menyebutkan bahwa ada seseorang yang sedang merindukan kita.

3 dari 5 halaman

Arti Jatuhnya Bulu Mata Kanan dan Kiri

Apabila bulu mata sebelah kanan jatuh, tandanya kita akan dipertemukan kembali dengan seseorang spesial. Pertemuan itu merupakan salah satu hal yang selama ini sudah kita nantikan.

Erat kaitannya pertanda tersebut dengan hubungan asmara yang pernah kita jalin di masal lalu yang akan hadir kembali di kehidupan kita.

Jika bulu mata kiri yang jatuh, kerap kaitannya berhubungan dengan keluarga. Bahwa ada salah satu anggota keluarga yang sedang merindukan kita.

Rasa rindu yang terjadi bisa dikarenakan jarak yang memisahkan antara anda dengan keluarga, namun juga dapat diartikan bahwa ada salah satu keluarga yang merindukan masa kecil kita, tingkah laku masa lalu dan lain sebagainya.

4 dari 5 halaman

Pertanda Baik dan Buruk

Apabila bulu mata bagian atas jatuh, maka dianggap sebagia pertanda baik, kejadian ini bisa diartikan bahwa seseorang akan bertemu dengan keluarga atau sanak saudara jauh yang telah lama berpisah.

Jika bulu mata bawah Anda jatuh, maka itu merupakan pertanda Anda akan bertemu dengan seseorang spesial yang telah lama tidak Anda jumpai.

Jatuhnya bulu mata di pipi kanan juga dikaitkan dengan hubungan asmara, hal itu merupakan pertanda bahwa ada orang yang sedang merindukan kehadiran Anda saat ini. Dan jika jatuh di atas pipi sebelah kiri, itu merupakan pertanda bahwa mungkin kedepannya Anda akan mengalami peristiwa yang membuah hati Anda terluka.

Penulis:

Azarine Natazia

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.