Sukses

Redakan Stres dan Baik untuk Jantung, Ini 3 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Ternyata tertawa bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan kita.

Liputan6.com, Jakarta - Sering tertawa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Tertawa bahkan bisa menghilangkan rasa sakit, membawa kebahagiaan yang lebih besar, dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 

Dilansir dari Very Well Mind, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sehat bisa tertawa sebanyak 400 kali per hari. Sementara itu, orang dewasa cenderung tertawa hanya 15 kali per hari. Berikut ini adalah deretan manfaat tertawa bagi kesehatan merangkum dari berbagai sumber.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pereda Stres

Mengutip dari Very Well Mind, tertawa bisa mengurangi tingkat hormon stres seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dopamin, dan hormon pertumbuhan. Kemudian tertawa juga bisa meningkatkan jumlah sel yang menghasilkan antibodi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat serta mengurangi stres. 

Selain itu, saat Anda berada dalam situasi yang sulit, temukanlah sesuatu yang bisa ditertawakan. Melansir dari Yourtango, dengan tertawa bisa membantu Anda untuk meredakan ketegangan. Meskipun efek ini hanya sementara namun tubuh Anda menerima pesan bahwa semua akan baik-baik saja. 

3 dari 4 halaman

Otot Lebih Rileks dan Menciptakan Perasaan Positif

Dengan tertawa, Anda bisa melatih diafragma, mengencangkan perut, melatih bahu, dan membuat otot Anda menjadi rileks. Mengutip dari Very Well Mind, tertawa juga bisa memberikan latihan yang baik untuk jantung Anda. 

Kemudian, tertawa juga membuat Anda menjadi seseorang yang memiliki aura yang positif dan menyenangkan. Hal ini akan membuat orang lain menjadi tertarik dengan Anda. Bahasa tubuh adalah bagian besar dalam berkomunikasi. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Sosial

Tertawa juga bisa menjadi penghubung antara kita dengan orang lain. Teman biasanya memiliki selera humor yang sama dengan Anda. Inilah mengapa tertawa bisa membangun sebuah hubungan pertemanan atau persahabatan.

Jika Anda banyak tertawa kemungkinan besar bisa bermanfaat bagi orang lain seperti membantu orang lain di sekitar Anda untuk lebih banyak tertawa juga. Dengan meningkatkan suasana hati bagi orang-orang disekitar Anda, Anda bisa mengurangi tingkat stres mereka.

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.