Sukses

Bisa Tingkatkan Konsentrasi dan Mood, Ini 4 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Mendengarkan musik bisa membantu anda lebih konsentrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang senang bekerja dalam keheningan, mereka akan merasa sulit berkonsentrasi dengan kebisingan seperti suara musik. Namun sebagian lagi justru senang bekerja sambil mendengarkan musik. Mengutip dati Healthline, mendengarkan musik memiliki beberapa manfaat seperti membuat suasana bagi lebih baik, meningkatkan motivasi, dan meningkatkan memori dan stimulasi otak. 

Namun musik tidak mempengaruhi semua orang dengan cara yang sama. Menurut mereka yang senang mendengarkan musik saat sedang belajar atau bekerja, beberapa jenis musik diyakini dapat meningkatkan konsentrasi dan memori mereka. Berikut ini adalah 4 manfaat mendengarkan musik sambil belajar atau bekerja sebagaimana dikutip dari Healthline.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bisa Membuat Anda Lebih Termotivasi

Ketika Anda sudah lelah untuk mengerjakan pekerjaan saat larut malam, pasti niat untuk menyelesaikan pekerjaan sudah mulai menurun. Berdasarkan penelitian tahun 2019 musik dapat membuat Anda lebih bersemangat. Selain itu, musik juga dapat memberikan motivasi untuk mempelajari hal-hal baru dan belajar lebih giat.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Suasana Hati

Selain meningkatkan motivasi, musik juga dapat membantu dalam mengurangi stres dan meningkatkan pola pikir yang lebih positif lagi. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa suasana hati yang baik bisa membantu Anda untuk belajar lebih maksimal. 

Anda bisa lebih mudah mempelajari atau menyerap informasi atau materi baru ketika memiliki suasana hati yang baik. Ketika Anda tidak memahami materi yang sedang dipelajari, biasanya dapat membuat Anda merasa kewalahan, kesal, atau stres. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mendengarkan musik favorit atau musik yang menenangkan yang bisa membantu Anda lebih rileks dan bekerja lebih efektif.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Fokus

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Stanford University School of Medicine tahun 2007, musik klasik dapat membantu otak Anda lebih mudah memahami informasi baru. Kemudian, para peneliti juga menemukan bahwa musik bisa melatih otak Anda untuk lebih memperhatikan suatu peristiwa yang sedang terjadi dan memperkirakan kemungkinan apa yang akan terjadi. Sehingga, mendengarkan musik dapat membantu Anda untuk mempermudah memahami materi baru.

Selain itu, sebuah penelitian lain juga mendukung bahwa musik bisa menjadi salah satu metode yang memungkinkan untuk meningkatkan fokus Anda. Dalam sebuah studi tahun 2011, mengatakan bahwa sebanyak 41 anak laki-laki yang didiagnosis ADHD atau memiliki kesulitan untuk fokus, akan teralihkan fokusnya ketika mendengarkan musik. Sementara itu bagi mereka yang tidak didiagnosis ADHD, mendengarkan musik bisa mengarahkan mereka pada kinerja yang lebih baik.

5 dari 5 halaman

Membantu Anda Mengingat Informasi

Menurut sebuah studi 2014, mendengarkan musik klasik bisa membantu orang dewasa meningkatkan daya ingat mereka dalam mengerjakan tugas atau pekerjaannya. Hal ini menunjukkan bahwa jenis musik tertentu dapat meningkatkan kemampuan menghafal dan fungsi kognitif lainnya.

Mirip dengan cara olahraga yang membantu merangsang tubuh, musik bisa membantu merangsang otak Anda. Semakin sering melatih otak Anda dengan latihan kognitif bisa membantu otak Anda dalam meningkatkan daya ingat yang lebih kuat. 

Penulis: 

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.