Sukses

13 Cara Terbaik untuk Melindungi Rumah Anda dari Laba-Laba

Berikut cara terbaik untuk melindungi rumah Anda dari laba-laba yang bersarang

Liputan6.com, Jakarta Meski memiliki banyak manfaat bagi alam, tak ada orang yang suka rumahnya dihiasi sarang laba-laba. Makhluk berkaki delapan ini memang kerap membuat sarang di mana saja sehingga membuat rumah tidak enak dilihat.

Selama ini, Anda mungkin mengacuhkan keberadaan laba-laba yang bersarang di rumah. Tetapi, Anda sebaiknya berhati-hati.

Ada beberapa jenis laba-laba yang berbahaya bagi manusia. Jika dibiarkan bersarang, tentu saja hal itu membahayakan keluarga Anda juga.

Jika Anda mencari beberapa tindakan pencegahan sederhana untuk menghentikan laba-laba bersarang di rumah Anda, berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menghentikan makhluk-makhluk itu.

Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Buat semprotan pengusir laba-laba

Campurkan secangkir cuka sari apel, segenggam merica bubuk, satu sendok teh cairan pembersih, dan satu sendok teh minyak.

Semprotkan di kamar mandi Anda dan di sepanjang bingkai jendela dan pintu untuk mencegah laba-laba bersarang.

2. Menanam tanaman kesukaan kepik

Serangga ini sangat bagus untuk menyingkirkan laba-laba karena mereka dengan senang hati mengunyah tungau.

Dengan menanam tanaman yang menarik kepik seperti marigold, yarrow, angelica, adas, dan adas di sekeliling rumah, Anda dapat membantu menangkal laba-laba secara alami.

3. Membuat minyak peppermint

Minyak peppermint adalah cara yang murah dan mudah untuk mencegah makhluk ini. Anda juga bisa menggunakan diffuser dan wewangian siap pakai yang tersedia jika Anda tidak memiliki minyak peppermint.

Juga, itu membuat rumah Anda harum dan bersih.

 

3 dari 6 halaman

4. Periksa sarang laba-laba secara teratur

Saat membersihkan rumah Anda, luangkan beberapa menit untuk menghilangkan jaring laba-laba yang muncul dalam semalam.

Periksa jendela Anda secara teratur dan bersihkan semua jaring dengan kain lap lembut.

5. Bersihkan sudut dan celah

Laba-laba menyukai ruang kecil yang nyaman untuk bersembunyi - jadi gunakan ini sebagai petunjuk untuk membersihkan kekacauan sehingga tidak ada tempat untuk bersembunyi.

6. Memiliki hewan peliharaan

Hewan, terutama kucing, akan memastikan tidak ada serangga yang tidak diinginkan berkeliaran, dan mereka juga teman yang baik.

 

4 dari 6 halaman

7. Bau jeruk

Laba-laba tak suka dengan bau jeruk (seperti lemon) karena baunya yang menyengat.

Bersihkan kusen pintu dan jendela dengan kulit jeruk untuk memberi titik masuk aroma yang kuat.

8. Cuci jendela Anda

Buat solusi menggunakan amonia dan air untuk membersihkan bingkai jendela Anda. Laba-laba tidak menyukai baunya dan tidak akan mendekatinya.

9. Lilin beraroma

Kayu manis adalah aroma lain yang tidak disukai laba-laba, jadi lilin beraroma dapat mengembuskan bau ke seluruh rumah Anda.

 

5 dari 6 halaman

10. Periksa retakan dan celah di rumah

Laba-laba harus terlebih dahulu menemukan jalan masuk, jadi periksa retakan dan segel yang rusak yang dapat memberi mereka akses.

Di luar, periksa celah di dekat perlengkapan pipa di mana mereka bisa merangkak masuk dan coba tutup dengan bahan yang sesuai.

11. Pencahayaan redup

Seperti banyak hewan merayap yang menyeramkan, laba-laba tertarik pada cahaya, jadi redupkan bohlam Anda jika memungkinkan, dan selalu pastikan Anda mematikan lampu saat meninggalkan rumah.

Ini juga membantu Anda menghemat uang untuk tagihan listrik Anda.

 

6 dari 6 halaman

12. Gunakan Eucalyptus (kayu putih)

Gunakan tanaman beraroma segar di kamar mandi dan lemari pakaian Anda untuk menghentikan laba-laba menemukan rumah di sana.

Tanaman yang beraroma harum bahkan dapat digantung di kamar mandi Anda di mana uapnya akan melepaskan minyak esensial

13. Periksa taman

Serangga menyukai tumpukan kompos, tumpukan kayu bakar, dan tempat-tempat taman bau lainnya, jadi pastikan mereka tidak terlalu dekat dengan rumah Anda, untuk menghindari mereka membuat sarang yang tidak diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.