Sukses

Ternyata Ini Alasan Kucing Suka Masuk ke Dalam Kotak Kardus

Kucing kamu suka duduk di dalam kardus?

Liputan6.com, Jakarta- Kucing adalah salah satu hewan yang dapat merebut hati seseorang karena tampilannya yang lucu dan menggemaskan. Kepribadian misterius dan penampilan menggemaskan mereka menjadi hewan yang cukup populer untuk dipelihara.

Bagi Anda para pecinta kucing, mungkin kalian sering melihat hewan peliharaan Anda tiba-tiba masuk dan duduk di dalam kardus. Hewan peliharaan yang lucu ini sangat suka duduk di dalam kotak.

Menurut penelitian, perilaku hewan ini didorong oleh naluri mereka sebagai predator yang tertarik pada tempat yang terbatas di mana mereka dapat bersenyembunyi dan merasa aman.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Kucing Suka Duduk di Dalam Kotak

Dilansir dari sciencefocus.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Utrech menemukan bahwa tempat berlindung kucing adalah sebuah kotak. Perilaku ini sudah  mendarah daging bahwa mereka tertarik untuk duduk dalam kotak yang diciptakan oleh ilusi optik mereka sendiri. 

Menurut laporan Livescience.com, seorang peneliti telah melakukan eksperimen kecintaan kucing terhadap kotak. Hal ini dilakukan dengan kotak Kanizsa yang membuat ilusi dengan meletakan empat potongan kertas dengan bentuk menyerupai pacman yang ditempatkan pada setiap sudut.

Para kucing diberikan dua pilihan yang mana potongan kertas tersebut disusun membentuk ilusi kotak dan disusun tidak menimbulkan ilusi persegi. 

Ternyata kucing-kucing tersebut memilih kotak ilusi dan duduk di dalam kotak ilusi tersebut. Mereka duduk selama tiga detik yang menunjukkan bahwa mereka merasa aman. Hal ini mendukung hipotesis para peneliti bahwa kucing menganggap kotak ilusi seperti seakan-akan itu adalah kotak yang nyata.

3 dari 3 halaman

Sudah ada penelitiannya lho!

Peneliti lainnya bernama Gabriella Smith, melakukan percobaan yang melibatkan 30 pemilik kucing untuk melakukan eksperimen mengenai kerentanan kucing terhadap ilusi optik. Para pemilik kucing diminta untuk membuat berbagai macam bentuk di lantai dan melihat bentuk mana yang menarik perhatian kucing mereka.

Mereka membentuk persegi dengan menggunakan selotip dan yang lainnya adalah persegi kanizsa yaitu, empat potongan berbentuk pacman yang ditempatkan di setiap sudut untuk menciptakan ilusi persegi. Para peserta juga membuat bentuk lain yang tidak membentuk persegi. Kemudian para pemilik kucing merekam respon kucing mereka. 

Dari 30 pemilik kucing yang mengikuti eksperimen ini, terdapat sembilan kucing yang memilih ilusi persegi dan duduk selama tiga detik. Berdasarkan penelitian tersebut, Smith mengatakan bahwa kucing rentan terhadap ilusi.

Namun dalam eksperimen tersebut terdapat salah satu kucing yang memilih bentuk ketiga di mana bentuk pac-man yang disusun tidak menimbulkan ilusi persegi atau kotak. 

Kucing menyukai duduk di dalam kotak karena mereka mencari keamanan. Melansir dari dailymail.co.uk, tempat yang berbentuk kotak seperti kardus memberikan perlindungan dan sisi-sisi kardus tersebut mengingatkan mereka akan  pelukan ibunya. 

 

Penulis

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.