Sukses

Meski Pandemi, Kamu Bisa Ikut Meriahkan HUT ke-76 RI dengan Lakukan Ini di Rumah

Kegiatan menyambut HUT ke-76 RI selama pandemi covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia, biasanya masyarakat melakukan berbagai macam perlombaan seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, atau memindahkan kelereng. Selain itu juga diadakan upacara di Istana Merdeka ataupun masyarakat yang melakukan upacara bendera di sekolah.

Namun kebiasaan masyarakat tersebut terhalang karena pandemi covid-19 yang sudah ada sejak tahun 2020. 

Walaupun kebiasaan tersebut menjadi terhalang, kita masih bisa  menyemarakkan dan merayakan peringatan HUT ke-76 RI meski di rumah saja. Berikut kegiatan yang bisa kamu lakukan dalam menyambut HUT RI 76:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Perayaan HUT RI bersama Rumah Digital di Indonesia

Anda dapat menyemarakkan hari kemerdekaan HUT RI 2021 di Rumah Digital Indonesia (RDI) yang telah dibuka resmi secara virtual. Mengutip dari Kominfo, presiden Jokowi mengajak kaum muda yang fasih menggunakan teknologi atau dunia digital untuk ikut berpartisipasi  dalam kegiatan di Rumah Digital Indonesia.

Berbagai perlombaan tradisional yang sering dilakukan saat merayakan 17 agustus seperti lomba balap karung di Rumah Digital Indonesia, bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia secara daring.

3 dari 6 halaman

Membuat kreasi hidangan yang bertema kemerdekaan

Untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia, Anda bisa membuat hidangan yang mudah disajikan yang bertema kemerdekaan seperti puding, serabi, klepon, bolu, kue lapis, nasi kuning. Anda bisa kreasikan hidangan tersebut dengan menghias hidangan dengan warna merah putih agar terasa seperti perayaan kemerdekaan HUT RI.

4 dari 6 halaman

Mengikuti Challenge di TikTok

Dalam menyambut hari kemerdekan HUT RI yang ke-76, Anda bisa mengikuti berbagai challenge yang ada di sosial media salah satunya tiktok. Banyak pengguna TikTok yang mengadakan challenge untuk membuat kreasi makanan, video transisi makeup yang bertema merah putih, atau membuat twibbon bertema kemerdekaan. Anda bisa menggunakan hashtag #berjuangberkreasi dan #merahputih

5 dari 6 halaman

Memasang Twibbon

Anda juga bisa ikut berpartisipasi dan meramaikan perayaan kemerdekaan HUT RI yang ke-76  dengan memasang twibbon HUT ke-76 RI dan menguploadnya ke akun sosial media. 

Mengutip dari Fimela.com, berikut cara mendapatkan Twibbon HUT RI ke 76.

Buka website resmi twibbonize.com, dan tuliskan kata kunci HUT RI 76 Pilih template yang menarik bagi AndaKetuk tombol “Pilih foto” untuk memasang foto yang akan Anda gunakan pada twibbon pilihan AndaLink Twibbon HUT RI yang ke-76 yang dapat Anda unduh:

https://twb.nz/hut-ri 

https://twb.nz/mkihutri76 

6 dari 6 halaman

Mengikuti Upacara Bendera di Rumah

Merayakan HUT RI yang ke-75 juga dapat dilakukan dengan melakukan upacara pengibaran Bendera Merah Putih secara virtual. Upacara yang dilakukan secara daring dapat diikuti melalui siaran langsung dari televisi ataupun youtube. Biasanya, setiap sore juga diadakan juga upacara penurunan bendera. 

 

Penulis 

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.