Sukses

6 Makanan Tinggi Protein yang Baik Dikonsumsi Pasca Terinfeksi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Sangat penting untuk memulihkan kekebalan pasca infeksi Covid-19. Infeksi Covid sangat merusak tubuh dan kekebalannya dengan banyak stres, memperlambat fungsi pencernaan, imunologi, dan reproduksi.

Tidak hanya itu, kadar steroid memiliki pengaruh signifikan pada tubuh yang Anda gunakan dalam hubungannya dengan kondisi tersebut. Kekurangan protein adalah penyebab paling umum dari gangguan fungsi kekebalan, yang hanya dapat Anda atasi setelah Anda pulih sebagai cara untuk memulihkan kekebalan tubuh dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Protein, bagaimanapun, memainkan peran penting dalam proses pemulihan. Berikut beberapa makanan berprotein tinggi yang harus Anda konsumsi pasca terinfeksi Covid-19 seperti dihimpun dari TimesofIndia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 8 halaman

1. Kecambah

Kecambah lebih tinggi protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, dan vitamin C dan K daripada tanaman yang tidak bertunas karena proses perkecambahan meningkatkan kadar nutrisi. Pasien Covid harus menyertakan kecambah hijau, alfalfa, buncis, dan bahkan rami atau chia karena mereka menawarkan asam amino penting dalam jumlah yang lebih besar.

Ini membuatnya lebih mudah dicerna dan dengan cepat memenuhi kebutuhan protein Anda. Proses perkecambahan tampaknya mengurangi antinutrisi sekaligus meningkatkan antioksidan, memungkinkan tubuh pulih lebih cepat.

 

3 dari 8 halaman

2. Daging domba

Daging merah domba dari hewan yang diberi makan rumput organik dan dibesarkan tanpa menggunakan bahan kimia atau hormon, mengandung asam amino yang tinggi dan berbagai elemen penyembuhan usus. Ini semua dapat bermanfaat setelah terinfeksi COVID-19.

Daging domba penuh dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lain yang dapat berdampak besar pada kesehatan Anda. Namun itu hanya bisa menjadi masalah jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak tanpa ada sayuran yang menyertainya.

 

4 dari 8 halaman

3. Ikan

Tidak hanya protein tetapi ikan merupakan sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3 berkualitas tinggi serta vitamin D B2 (riboflavin), kalsium, fosfor, mineral seperti besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium yang mudah dicerna dan juga anti inflamasi.

Banyak orang mengalami kesulitan mencerna berbagai kacang-kacangan dan lentil, terutama jika perut dan sistem kekebalan tubuh mereka melemah. Ikan dapat menjadi pilihan untuk kebutuhan pembangunan kembali kekebalan tubuh Anda.

 

5 dari 8 halaman

4. Protein nabati

Mereka kaya akan protein, zat besi, seng, vitamin, selenium, dan asam amino vital seperti Lysine, yang membantu penyerapan kalsium, mudah dicerna, dan sangat bermanfaat dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh. Mereka dapat digunakan dalam berbagai hidangan lezat dan sehat.

Cukup makan semangkuk lentil, kacang-kacangan, atau buncis setiap kali makan untuk mempercepat penyembuhan covid Anda. Untuk mendapatkan spektrum asam amino yang luas, campur dan cocokkan sebanyak mungkin.

 

6 dari 8 halaman

5. Yogurt

Asam amino L-glutamin adalah sejenis glutamin yang membantu penyembuhan mukosa serta kontrol gula darah. Ini membantu regenerasi lapisan usus setelah terpapar steroid atau vaksin dosis tinggi. Asupan probiotik seperti yogurt dapat membantu Anda dengan penyerapan protein yang lebih baik dalam tubuh Anda dan membantu bakteri usus simbiosis untuk bekerja pada makanan Anda lebih baik dan memberikan keuntungan nutrisi. Jangan lupa untuk menambahkan sumber vitamin atau serat lainnya.

 

7 dari 8 halaman

6. Telur

Telur kaya akan antioksidan, yang dapat membantu COVID-19 pulih dari kerusakan oksidatif. Kandungan vitamin D yang tinggi dalam telur sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Mereka membantu dalam pengaturan gula darah, yang diperlukan untuk pemulihan fungsi adrenal dan keseimbangan hormon. Selain vitamin inti penting seperti selenium (22%), vitamin A, B, dan K, setiap telur memiliki sejumlah besar protein.

Dua butir telur setiap hari dapat secara signifikan membantu memerangi infeksi dan membangun kembali kesehatan tubuh secara keseluruhan.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: