Sukses

7 Orangtua Termuda Mulai Usia 5 Tahun Gemparkan Dunia, Siapa Saja Sosoknya?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap anak yang dilahirkan adalah buah cinta dari pasangan pria dan wanita. Namun, setiap orangtua tentunya harus mempertimbangkan dan mempersiapkan segala sesuatu, terutama pasangan muda.

Mulai dari kesiapan fisik, mental, biaya, hingga kematangan usia. Semua itu dilakukan demi menyambut kehadiran sang anak dalam kehidupan rumah tangga mereka.

Hanya saja, tak terbayangkan bila dalam usia muda bahkan tergolong anak-anak, seseorang dapat melahirkan bayi. Bahkan, menjadi orangtua termuda.

Namun, beberapa kasus anak usia belia melahirkan terjadi di sejumlah negara. Ironisnya, sebagian kasus sekaligus cerminan kekerasan terhadap anak yang dilecehkan secara seksual pada usia belia.

Simak 7 kasus orangtua termuda yang tercatat dalam sejarah kedokteran, seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/7/2021), di halaman berikut:

 

2 dari 9 halaman

1. Lina Medina

Ketika berusia 5 tahun, Lina Medina asal Peru sempat tercatat dalam Guinness World Records sebagai ibu termuda di dunia. Gadis cilik itu melahirkan seorang putra bernama Gerardo pada Mei 1939.

Pada awalnya, sang orangtua menganggap ada tumor bersarang di perut Medina. Namun, sewaktu dibawa ke rumah sakit, Medina ternyata telah mengandung janin bayi berusia 7 bulan.

Bila merujuk pendekatan ilmiah, Medina dianggap mengalami kematangan organ seksual pada usia sangat muda. Dengan kata lain, ia mengalami pubertas sebelum waktunya.

Kabarnya, ayah Medina yang identitasnya tak pernah diungkapkan, pernah ditahan dengan tuduhan kekerasan seksual. Sang ayah akhirnya dibebaskan lantaran tak cukup bukti.

 

3 dari 9 halaman

2. Yelizaveta 'Liza' Gyachchenko

Yelizaveta 'Liza' Gyachchenko, gadis cilik asal Kharkov, Ukraina tersebut baru berusia 6 tahun ketika menjalani persalinan pada Agustus 1934. Lantaran Liza belum mempunyai kekuatan fisik yang memadai untuk melahirkan, sang bayi akhirnya tak tertolong.

Seiring dengan itu, ada kabar mengejutkan. Kandungan bayi dalam rahim gadis belia itu ternyata dari perbuatan bejat kakek Liza yang telah berumur 70 tahun.

 

4 dari 9 halaman

3. Griseldina Acuna

Griseldina Acuna asal Kolombia, baru berumur 8 tahun ketika melahirkan seorang bayi laki-laki yang sehat. Dikabarkan, Acuna mengalami kondisi seperti Lina Medina yang mempunyai kematangan organ seksual pada usia sangat muda.

Acuna bahkan dikabarkan mengalami menstruasi pada usia 3 tahun. Adapun lelaki yang telah menghamilinya, ternyata seorang anak-laki-laki dari teman saudara Acuna.

 

5 dari 9 halaman

4. Mum-Zi

Mum-Zi menjadi bagian anggota salah satu suku di Niegeria. Ia terpilih untuk mempunyai anak dari kepala sukunya.

Ketika itu, Mum-Zi masih berusia 8 tahun. Ia kemudian melahirkan pada Agustus 1884.

 

6 dari 9 halaman

5. Anna 'Anya'

Anna atau Anya baru berusia 8 tahun saat melahirkan bayinya. Tepatnya, ia melahirkan dalam usia 8 tahun 7 bulan.

Ironisnya, ia menjadi korban pelecehan seksual dari tetangganya. Anna pun menjadi ibu termuda di Eropa Timur.

 

7 dari 9 halaman

6. Emma Webster dan Sean Stewart

Pada awalnya, Sean Stewart, 11 tahun, dan pacarnya Emma Webster, 15 tahun, asal Inggris cuma teman dekat lantaran rumah mereka berdekatan. Setelah kenal dekat, keduanya memutuskan menjalin hubungan asmara.

Bila beberapa kasus sebelumnya terjadi kekerasan seksual, kali ini hubungan Emma dan Webster atas dasar suka sama suka.

Emma kemudian mengandung seorang bayi akibat hubungan seksual mereka. Ia melahirkan seorang bayi laki-laki yang diberi nama Ben pada Januari 1998.

Sean pun tercatat menjadi ayah termuda. Ketika itu, kasus Emma dan Sean dikabarkan pula sempat menggemparkan seluruh wilayah Inggris.

 

8 dari 9 halaman

7. Alleshia Gregson

Alleshia Gregson melahirkan anak pertama pada usia 13 tahun. Di tahun selanjutnya, Alleshia melahirkan putra pada usianya ke 14 tahun.

Ternyata, gadis muda asal Inggris itu mempunyai masa kecil yang kelam. Sebab, ia kerap mendapat kekerasan.

Semua itu kemudian berubah saat Alleshia mendapatkan sang kekasih yang tepat dan mendukungnya. Alleshia akhirnya dikeluarkan dari sekolah dan berpisah dengan sang kekasih untuk melanjutkan sekolah.

9 dari 9 halaman

Video Pilihan