Sukses

Terbanyak di Dunia, Negara Ini Jadi Surganya Kupu-Kupu

Ada 200 spesies kupu-kupu yang hanya bisa ditemukan di negara ini.

Liputan6.com, Bogota - Kupu-kupu adalah salah satu serangga yang identik dengan sayap indah berwarna-warni. Namun tak cuma indah, peran kupu-kupu sangat penting dalam menjaga keseimbangan alam.

Ternyata rumah terbesar bagi kupu-kupu ada di hutan Kolombia, Amerika Selatan. Varietas kupu-kupu dunia terbanyak ditemukan di hutan yang berada di negara Amerika Latin itu.

Republik Kolombia ialah sebuah negara di barat laut Amerika Selatan yang hutannya lebat. Sekitar 72 persen wilayahnya merupakan kawasan hutan.

Tim peneliti internasional dari Natural History Museum, London, Inggris memperkirakan, sebanyak 20 persen kupu-kupu yang sudah dikenali di dunia ada di Kolumbia.

"Kolombia adalah negara dengan keragaman habitat alami yang besar, geografi yang kompleks dan heterogen, dan lokasinya istimewa di ujung timur laut Amerika Selatan," kata seorang anggota peneliti yang merupakan kurator senior Blanca Huertas, seperti dikutip dari VoA News, Minggu (27/6/2021).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ribuan Spesies

Para peneliti mencatat, ada sebanyak 3.642 spesies kupu-kupu dan 2.085 subspesies kupu-kupu di Kolombia. Dan 200 di antaranya hanya bisa ditemukan di Kolombia.

Peneliti-peneliti ini telah mengunjungi pelosok-pelosok Kolombia dan menganalisis lebih dari 350 ribu foto. Mereka juga mempelajari data yang terkumpul sejak akhir abad ke 18. 

3 dari 4 halaman

Rumah yang Hilang

Namun menjaga kelestarian kupu-kupu di negara ini bukanlah hal mudah. Sudah hampir lebih dari setengah abad, Kolombia dilanda konflik militer. Masalah negara juga ditambah runyam dengan banyaknya kasus obat-obatan terlarang.

Tercatat, hampir 2,8 juta hektare hutan di Kolombia hilang dalam rentang waktu antara tahun 2000-2019. Luas wilayah yang hilang itu setara dengan luas wilayah Negara Belgia.

4 dari 4 halaman

Surga Kupu-Kupu di Indonesia

Ternyata Indonesia juga memiliki surga kupu-kupu lho. Letaknya di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Taman Nasional ini mendapat julukan sebagai The Kingdom of Butterfly atau Kerajaan Kupu-Kupu. 

Kita bisa menemukan patung kupu-kupu raksasa di sana atau juga dikenal dengan Patung Papilioblumei. Papilioblumei adalah jenis kupu-kupu endemik dan langka yang ada di Kabupaten Maros.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.