Sukses

Tak Ingin Berpisah, Begini 5 Cara Bikin Hewan Peliharaanmu Berumur Panjang

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik hewan peliharaan tentu menginginkan agar hewan kesayangannya tetap sehat dan berumur panjang. Selain sudah menghabiskan waktu bersama dalam waktu yang cukup lama, biasanya pemilik hewan telah menganggap hewan peliharaannya sebagai keluarga.

Tak jarang dari mereka yang merasa sedih dan tidak rela ketika kehilangan hewan peliharaannya yang sudah dianggap sahabat sekaligus teman bermainnya. Namun, hewan peliharaan juga makhluk hidup yang memiliki jangka waktu umur sendiri.

Hewan peliharaan bisa saja meninggal karena sudah mencapai umurnya atau akibat gangguan kesehatan. Namun, sebagai pemilik Anda juga bisa mengusahakan beberapa kebiasaan yang tepat agar hewan peliharaan berumur panjang.

Lantas, kebiasaan tepat seperti apa yang bisa membuat hewan peliharaan berumur lebih panjang? Dirangkum dari Bright Side, Selasa (22/7/2021), berikut tips untuk membantu hewan peliharaan Anda berumur panjang.

2 dari 7 halaman

1. Pastikan Tetap Aktif

Salah satu hal yang membantu hewan peliharaan Anda panjang umur adalah memastikan bahwa mereka bergerak aktif. Berikan permainan yang layak sehingga membuatnya aktif dan merasa terhibur.

Hal tersebut membantu tubuh, pikiran, dan kecerdasan mereka berkembang. Anda juga bisa mengajak jalan anjing atau kucing peliharaan jalan-jalan untuk menyegarkan pikiran.

3 dari 7 halaman

2. Sterilisasi Hewan

Hewan peliharaan yang menjalani sterilisasi akan jauh lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sterilisasi pada hewan jantan berguna untuk menekan kemungkinan munculnya kanker testis, penyakit hernia dan prostat. Sementara pada hewan peliharaan wanita, sterilisasi dilakukan dengan pengangkatan rahim yang berfungsi untuk mengurangi risiko kanker rahim, payudara dan kelenjar susu.

Sebaiknya, hewan peliharaan melakukan sterilisasi saat usianya masih muda. Pasalnya, risiko yang dan implikasi buruk yang mungkin terjadi masih rendah.

4 dari 7 halaman

3. Lakukan spa

Untuk membantu hewan peliharaan berumur lebih panjang adalah dengan memanjakan mereka. Mulailah dengan memijat tubuh mereka dengan lembut.

Hal tersebut mampu mengurangi kecemasan dan mengendurkan otot-otot kucing yang tegang setelah seharian melompat, bermain dan berlari mengejar serangga.

5 dari 7 halaman

4. Sikat Giginya

Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga memerlukan perawatan gigi. Menyikat gigi hewan peliharaan tentu bukanlah hal yang mudah karena biasanya mereka akan menolak.

Perlu proses yang panjang dan kesabaran untuk membuat mereka mau sikat gigi. Anda bisa mencoba tantangan menyikat gigi selama 7 hari. Namun jika hal tersebut tidak berhasil, Anda bisa mencari alternatif lain, seperti diet gigi resep atau mengunyah.

6 dari 7 halaman

5. Perhatikan Jenis Makanannya

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 50.000 anjing menyimpulkan bahwa kelompok anjing yang diberi makan 25% lebih sedikit daripada anjing di kelompok lain menghasilkan dua kategori berbeda, yakni anjing kurus dan anjing kelebihan berat badan.

Anjing kurus memiliki hidup rata-rata 18-24 bulan lebih lama dari teman-temannya. Hal ini juga berlaku bagi kucing. Jika kucing peliharaan Anda memiliki nafsu makan yang besar, suka ngemil dan berat badannya terus bertambah, Anda sebaiknya memberi pengawasan lebih.

Meski begitu, Anda juga perlu mengetahui rentang usia hewan peliharaan pada umumnya. Hal tersebut bisa berdasarkan ras dan ukuran tubuh mereka sendiri. 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: