Sukses

Hilangkan Kerutan di Area Mata dalam 1 Menit dengan Teknik Shiatsu dari Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Mata merupakan salah satu area yang menunjukkan adanya tanda-tanda penuaan. Garis halus dan kerutan lebih mudah muncul di area mata sehingga membuat tampilan terlihat lesu dan lelah.

Selain kerutan dan garis halus, pembengkakan juga seringkali terjadi di bawah mata. Biasanya hal ini disebabkan karena kurang tidur, kelelahan dan menangis terlalu lama.

Tak heran jika kini terdapat berbagai macam produk perawatan kulit khusus untuk area mata. Namun, di Jepang terdapat teknik pemijatan khusus mata yang dipercaya dapat membantu mengurangi kerutan, yakni Shiatsu.

Shiatsu merupakan salah satu pijat paling sederhana yang diyakini mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Efeknya mampu memberikan pencegahan dan penyembuhan untuk menghilangkan stres, nyeri sendi, bahkan membantu membuat kulit wajah tampak lebih muda.

Seiring bertambahnya usia, kapasitas kulit dalam memperbaiki diri akan menurun. Hal itu dapat memicu munculnya kerutan di wajah, termasuk area mata.

Dengan teknik terapi asal Jepang ini, Anda dapat mengurangi kerutan secara gratis di rumah.

2 dari 6 halaman

1. Cara Menghilangkan “Kaki Gagak”

Kaki gagak merupakan kerutan di bagian sudut mata yang muncul akibat paparan sinar UV dan penuaan. Anda dapat melakukan teknik pemijatan Shiatsu untuk mengatasi hal tersebut.

Pertama, letakkan jari telunjuk di sudut luar mata dan hangatkan sedikit area tersebut. Tekan dengan jari, lalu lepaskan. Anda juga bisa menarik otot ke atas ke arah pelipis tanpa melepaskan jari di area tersebut. Ulangi gerakan ini 3 kali selama 3 detik di kedua sisinya.

3 dari 6 halaman

2. Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Berbeda dengan kulit lainnya, kulit di area bawah mata sangatlah tipis. Hal tersebut membuat kulit di bawah mata menjadi kendur, keriput, dan lebih cepat menua.

Namun, Anda dapat membantu meremajakan area ini dan membuat kulit terlihat lebbih kencang sehingga jauh lebih muda. Caranya, letakkan jari telunjuk, tengah dan manis pada tulang tepat di bawah setiap mata.

Tekan pada tiga titik ringan selama 10 detik, lalu lepaskan. Ulangi terapi tersebut selama dua kali.

4 dari 6 halaman

3. Cara Menghilangkan Bengkak di Bawah Mata

Bengkak di bawah mata membuat seseorang terlihat lelah dan tidak segar. Untuk memperbaikinya, Anda dapat meletakkan jari telunjuk di sudut dalam mata. Setelah itu, gerakan jari hingga ke sudut luar mata. Cobalah untuk tidak meregangkan atau menggerakkan kulit Anda.

Kemudian, letakkan kedua jari tengah pada titik dalam dan luar mata Anda, lalu tekan dengan ringan ke bawah. Lakukan selama 3 detik dan ulangi hingga 3 kali.

5 dari 6 halaman

Manfaat Shiatsu

Shiatsu diartikan sebagai “tekanan jari” dan merupakan bentuk pijat terapeutik yang menggunakan teknik menguleni, menekan, mengetuk, meregangkan dan menenangkan. Teknik pemijatan ini sudah ada sejak tahun 1900-an di Jepang.

Tekanan yang diberikan oleh jari dan telapak tangan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti pereda nyeri otot dan sendi, meredakan stres dan kecemasan, kelelahan, insomnia dan linu panggul.

Shiatsu merangsang dan menyelaraskan aliran qi ke seluruh tubuh sehingga merasa lebih baik dan sehat. Qi sendiri merupakan konsep dasar pengobatan Jepang, ketika qi tidak seimbang akan muncul gejala, seperti flu, sakit kepala, nyeri tubuh, bahkan kesulitan pencernaan.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: