Sukses

6 Makanan Populer Ini Kandungan Gulanya Lebih Banyak Daripada yang Kamu Kira

Liputan6.com, Jakarta Meski nikmat, gula adalah makanan yang tak boleh dikonsumsi berlebihan. Konsumsi berlebihan gula dapat berujung pada banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Para ahli menyarankan agar wanita hanya mengonsumsi 24 gram gula sehari, sedangkan pria diperbolehkan hingga 36 gram. Sayangnya, meski telah berusaha mengurangi konsumsi gula, tanpa disadari Anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula lebih tinggi dari yang Anda pikirkan.

Apa saja? Melansir dari Brightside, ini dia.

 

2 dari 8 halaman

1. Selai kacang

Selai kacang adalah sumber protein yang populer dan makanan pokok serbaguna. Sementara jenis selai kacang alami mengandung sedikit atau tanpa gula, banyak varian komersial diisi dengan minyak tidak sehat dan gula tambahan, yang membuatnya justru berbahaya.

Beberapa merek populer bahkan dapat memiliki hingga 8 gram gula per 2 sendok makan. Ahli gizi merekomendasikan untuk membaca label bahan selai kacang sehingga Anda dapat melihat mana yang paling alami dan sehat.

 

3 dari 8 halaman

2. Saus tomat

Saus tomat menjadi salah satu bumbu paling populer di seluruh dunia. Memiliki kombinasi rasa manis, asam, dan umami, saus tomat paling populer di burger cepat saji dan sebagai saus untuk kentang goreng. Namun, satu sendok makan bumbu merah ini setara dengan memasukkan seluruh gula batu ke dalam mulut Anda.

Mengandung sekitar 4 gram gula per sendok makan, kebanyakan saus tomat komersial mengandung sejumlah besar sirup jagung fruktosa tinggi, yang telah dikaitkan dengan obesitas dan penyakit jantung.

 

4 dari 8 halaman

3. Yogurt rendah lemak

Meskipun makanan rendah lemak mungkin menggoda mereka yang mencoba menjalani gaya hidup yang lebih sehat, tidak semuanya benar-benar lebih baik untuk Anda – terutama dalam hal yogurt. Satu porsi yogurt tawar penuh lemak memiliki 4,7 gram gula, sedangkan satu porsi Greek yogurt dapat memiliki hingga 6 hingga 12 gram gula.

Penambahan gula pada pilihan rendah lemak digunakan untuk menebus hilangnya rasa dan konsistensi yang berasal dari lemak. Banyak yogurt rendah lemak dan rasa juga mengandung pemanis yang tidak sehat, seperti sukrosa atau sirup jagung fruktosa tinggi.

 

5 dari 8 halaman

4. Saus salad bebas lemak

Mirip dengan yogurt, saus salad yang memiliki lebih sedikit lemak dan kalori mengandung peningkatan jumlah gula. Dua sendok makan saus salad yang dibeli di toko favorit Anda dapat mengandung sekitar 7 hingga 10 gram lemak tambahan.

Para ahli merekomendasikan untuk membuat saus salad sendiri di rumah untuk memastikan tidak ada tambahan gula, pengawet, atau bahan tidak sehat lainnya.

 

6 dari 8 halaman

5. Keripik kentang

Camilan asin tampaknya tidak sama dengan gula, tetapi sekantong keripik kentang favorit Anda dapat memiliki kandungan gula sekitar 3% -5%. Ini sangat umum pada keripik dengan rasa seperti barbekyu, cabai manis, madu, atau keripik jagung manis.

Tergantung berapa banyak keripik yang Anda makan, 15 keripik kentang rasa barbekyu sudah bisa mengandung 2 gram gula. Keripik juga tinggi karbohidrat, yang diubah tubuh Anda menjadi bentuk gula yang disebut glukosa.

 

7 dari 8 halaman

6. Buah kering

Buah kering dianggap sebagai camilan sehat. Mirip dengan versi segar mereka, mereka kaya akan vitamin, serat, dan antioksidan. Namun, ketika buah-buahan kandungan airnya dihilangkan, ini akan meninggalkan semua gula yang dipadatkan ke dalam buah yang mengkerut, membuatnya sangat tinggi gula alami.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: