Sukses

Perhatikan 3 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Menjadi Ibu Tiri

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi ibu tiri selalu mendapat stigma buruk oleh banyak individu. Seperti dianggap sebagai ibu yang jahat, kejam, atau hanya menginginkan harta. Padahal, itu hanya sebuah stigma yang dibangun dari cerita-cerita fiksi.

Di kehidupan nyata, masih banyak sosok ibu tiri yang memiliki hati yang baik, perhatian dan menyayangi anak-anak dengan tulus. 

Memutuskan untuk menjadi ibu tiri adalah pilihan yang tidak mudah untuk dijalankan. Anda harus berusaha akrab dengan anak-anak dan mengenal mereka lebih dalam. Dalam posisi ini, ada tiga hal yang tidak boleh dilakukan demi menjaga hubungan tetap harmonis. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

1. Jangan Berusaha Keras Menyerupai Ibu Kandung

Meskipun Anda sangat mencintai dan menyayangi anak-anak, tetapi Anda tidak bisa menjadi orang yang sama persis dengan ibu kandungnya. Anda tidak perlu berusaha keras untuk menjadi seperti itu.

Menjadi ibu tiri bukan berarti harus sama persis dengan ibu kandung mereka. Coba untuk menjadi diri sendiri di depan anak-anak. Meski berbeda dengan ibu kandungnya, bukan berarti Anda lebih buruk darinya.

3 dari 5 halaman

2. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Hindari membanding-bandingkan hidup keluarga Anda dengan keluarga orang lain. Hal itu hanya membuat Anda tersiksa karena selalu menganggap diri tidak sempurna.

Anda mungkin melihat orang lain yang menjadi ibu tiri bisa akur dengan ibu kandungnya, atau ibu tiri yang cepat akrab dengan anak-anak.

Namun, tidak masalah jika berbeda dengan orang lain. Sebab, setiap individu memiliki jalan hidup yang berbeda-beda.

4 dari 5 halaman

3. Jangan Melarang Anak-anak Bertemu dengan Ibu Kandung

Mungkin Anda memiliki perasaan iri setiap melihat anak-anak bertemu dan lebih akrab dengan ibu kandungnya. Anda juga merasa khawatir jika mereka tidak bisa menerima Anda dengan baik sebagai ibu tiri.

Percaya dengan diri sendiri jika kekhawatiran itu tidak akan pernah datang. Anda juga tidak bisa melarang anak-anak untuk bertemu dengan ibu kandungnya. Anda hanya perlu menjadi ibu yang baik bagi mereka, dan selalu menjadi pendengar yang baik.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: