Sukses

Dalil Lailatul Qadar dalam Alquran, Sama dengan Nuzulul Quran?

Liputan6.com, Jakarta Malam Nuzulul Quran adalah malam di mana Alquran pertama kali diturunkan pertama Nabi Muhammad SAW. Ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi adalah ‘Iqra’, yang berarti bacalah.

Pada malam Nuzulul Quran tersebut, Nabi Muhammad mendapatkan lima ayat sekaligus. Kelima ayat itu berada dalam surah Al Alaq. Surah ini berada di urutan ke-96 dalam Alquran.

Kisah malam selengkapnya mengenai kisah turunnya wahyu Allah pertama itu diabadikan dalam surah Al Qadr. Malam tersebut juga disebut dengan malam Lailatul Qadr, malam yang lebih baik dari seribu bulan.

(إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5)

Alquran merupakan kitab yang paling lengkap pembahasannya. Mulai dari pembahasan akidah, ibadah, akhlak, hingga kisah-kisah sejarah umat terdahulu yang penting untuk diambil pelajaran darinya.

Alquran sendiri diturunkan kepada Nabi lewat perantara Malaikat Jibril selama 23 tahun. Ayat-ayat tersebut diturunkan secara berkala sesuai dengan kondisi saat itu.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini