Sukses

Resep Es Lilin Kekinian dari Buah, Segar dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah cuaca yang panas, minuman dingin dan menyegarkan sangat enak untuk dinikmati. Es lilin yang memiliki rasa manis dan segar juga dapat menjadi pilihan. Namun, sering kali es lilin hanya dibuat dengan menggunakan gula sehingga dapat membuat gula darah meningkat.

Es lilin menggunakan buah dapat menjadi jawaban tepat untuk bisa menikmatinya dengan tetap sehat. Salah satu pilihan buah yang dapat digunakan yakni mangga. Mangga merupakan buah yang memiliki rasa yang segar, ada yang manis dan juga asam. Anda dapat menentukannya sesuai dengan selera.

Mangga juga bisa dikombinasikan dengan pisang. Keduanya dipadukan dengan santan kental akan menghasilkan rasa yang beragam. Es lilin ini memberikan serat, kalium dan tidak adanya gula tambahan.

Penasaran bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Very Well Fit, Minggu (11/4/2021).

 

 

2 dari 4 halaman

Bahan-Bahan Pembuatan Es Lilin

Dalam per porsi, nutrisi yang terkandung di dalamnya yakni 63 kalori, 4 gram lemak, 8 gram karbohidrat dan 1 gram protein.

Resep ini dibuat untuk sekitar enam porsi, maka dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut beberapa bahan-bahan yang diperlukan.

  • 1 buah mangga besar, kupas dan potong dadu
  • 1 buah pisang matang ukuran besar, kupas dan iris-iris
  • Jus dari 1 jeruk nipis
  • 1/2 cangkir santan encer kalengan

 

3 dari 4 halaman

Cara Membuatnya

Untuk membuat es lilin ini cukup mudah dan cepat, menyesuaikan dengan jumlah porsi. Dalam membuat enam porsi hanya membutuhkan waktu 10-15 menit untuk mempersiapkannya.

Pertama-tama, semua bahan yang diperlukan dicapurkan dengan menggunakan blender sampai halus. Lalu, tuang adonan ke dalam cetakan es lilin yang sudah disiapkan

Selanjutnya, masukkan juga stik untuk penyangga saat dinikmati nanti. Bekukan ke dalam lemari es hingga padat atau minimal 6 jam. Setelah es lilin padat dan dingin, es lilin pun siap dinikmati.

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: