Sukses

Tahan Napas 24 Menit di Dalam Air, Pria Ini Berhasil Pecahkan Rekor Dunia

Pria ini berhasil mencetak rekor dengan menahan nafas selama 24 menit dan 33 detik di bawah air.

Liputan6.com, Kroasia - Budimir Buda Sobat, pria 54 tahun asal Kroasia, berhasil mencetak rekor dunia baru setelah berhasil menahan nafas terlama di bawah air. Sobat diketahui berhasil mencetak rekor dengan menahan nafas selama 24 menit dan 33 detik di bawah air.

Prestasi luar biasa tersebut dilakukannya di sebuah kolam renang di kota Sisak. Pencetakan rekor tersebut dilakukan di bawah pengawasan dokter, wartawan serta pendukung Sobat.

Setelah menghabiskan waktu beberapa menit melakukan hiperventilasi pada oksigen murni untuk meningkatkan oksigenasi tubuh, Sobat menghabiskan hampir setengah jam telungkup di kolam, tanpa keluar untuk menghirup udara.

Tentu saja hal ini kedengaran seperti pencapaian yang mustahil bagi manusia biasa, tetapi bagi Sobat, itu adalah pencapaian puncak dari latihan yang telah dilakukannya selama bertahun-tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Sebelumnya

Beberapa tahun yang lalu, Sobat berhasil memecahkan rekor dengan menahan napas dalam air 24 menit tiga tahun lalu, tetapi akhir pekan ini dia memecahkan Rekor dunia Guinness dengan menghabiskan waktu 24 menit dan 33 detik di bawah air.

Rekor dunia untuk menahan napas saat ini dipegang oleh Branko Petrovic asal Dubai dengan waktu 11 menit dan 54 detik.

Namun, itu adalah versi tantangan tanpa bantuan, sedangkan Sobat diperbolehkan menghirup oksigen murni hingga 30 menit sebelum menahan napas di dalam air untuk meningkatkan oksigen dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Risiko Menahan Napas dalam Waktu Lama

Meski begitu, tentu diperlukan persiapan dan pelatihan bertahun-tahun tubuh untuk memompa darah beroksigen dengan kecepatan yang sangat lambat ke seluruh tubuh, karena kita harus menahan oksigen untuk jangka waktu yang lama.

Bahkan dengan bantuan persiapan oksigen murni, menahan napas memiliki risiko serius bagi tubuh, terutama otak, yang kehilangan kadar oksigen normal. Setelah sekitar 18 menit, Sobat sempat mengalami kontraksi yang tidak disengaja serta kejang otot karena kekurangan oksigen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.