Sukses

Seduh Kopi dan Kunyit, 6 Manfaat Kesehatan Ini Akan Didapat Tubuhmu

Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan yang didapat dari kopi kunyit? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi yang dicampur dengan rempah seperti jahe tentu sudah biasa. Namun, bagaimana jika kopi dicampur dengan kunyit? 

Kopi memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup segelintir individu. Sementara kunyit menjadi bumbu ajaib yang banyak digunakan dalam berbagai masakan.

Keduanya tentu memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun, kombinasi kunyit dan kopi sebagai kopi kunyit ternyata manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan yang didapat dari kopi kunyit? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (25/3/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mengurangi Stres

Kunyit mengandung kurkuminoid utama yang disebut kurkumin dan lebih dari 100 komponen penting dengan sifat antioksidan yang kuat.

Di sisi lain, kopi dikenal memiliki kemampuan antioksidan yang kuat.

Nah, jika dicampurkan, keduanya bisa membantu mengurangi stres oksidatif dengan mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah penyakit terkait seperti diabetes dan kanker.

3 dari 7 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Kunyit memiliki efek penurunan indeks massa tubuh (IMT) karena adanya polifenol bioaktif. Kopi juga dikenal mendukung penurunan berat badan dengan menekan leptin, hormon pemberi sinyal sel yang membantu mengatur nafsu makan.

Jadi, kopi kunyit bisa menjadi minuman penurun berat badan terbaik bagi individu dari segala umur.

4 dari 7 halaman

3. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Baik kunyit dan kopi adalah imunomodulator yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan senyawa fenoliknya dengan efek anti-inflamasi.

Minumlah kopi kunyit dalam jumlah sedang, karena mengkonsumsi kafein berlebih bisa menyebabkan efek buruk karena aktivitas penekan kekebalannya.

5 dari 7 halaman

4. Mencegah Sindrom Pramenstruasi

Sindrom pramenstruasi adalah masalah umum pada wanita yang menyebabkan kombinasi gangguan fisik, emosional dan psikologis.

Senyawa bioaktif dalam kunyit dan kopi bisa membantu meringankan gejala ini karena efek anti-inflamasi dan neurologisnya.

6 dari 7 halaman

5. Menurunkan Kolesterol

Kunyit dan kopi sama-sama memiliki sifat penurun kolesterol dan bisa membantu menurunkan kadar LDL dan trifliserida dalam tubuh.

Untuk itu, mengkonsumsi kopi kunyit bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko obesitas dan stroke.

7 dari 7 halaman

6. Melancarkan Pencernaan

Kurkumin dalam kunyit lebih baik diserap dengan adanya fosfolipid, yakni sejenis lemak yang ditemukan dalam susu dan makanan lainnya seperti telur dan daging.

Kopi kunyit yang dibuat dengan susu bisa membantu meningkatkan pencernaan dengan kurkumin-fitosom atau penyerapan kurkumin dengan adanya susu.

Kopi juga membantu menjaga poros otak-usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.