Sukses

Dapat Julukan Superfood, 5 Makanan Ini Sangat Baik untuk Tubuh

Makanan ini mendapat julukan 'superfood' karena memiliki banyak manfaat

Liputan6.com, Jakarta Superfood adalah istilah non-medis yang dipopulerkan media untuk melabeli makanan sehat. Makanan yang termasuk ke dalam kategori superfood ini diyakini dapat mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Makanan tersebut mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan bernutrisi tinggi. Dikutip dari Medical News Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa superfood yang kaya antioksidan dan flavonoid dapat mencegah penyakit kanker dan jantung koroner. 

Manfaat lain yaitu dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan nutrisinya sangat baik untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku, serta menjaga berat badan secara ideal. Di bawah ini merupakan lima makanan yang telah dijuluki superfood seperti dilansir dari berbagai sumber.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kelompok Buah Beri

Buah yang termasuk dalam kelompok beri adalah stroberi, raspberry, blueberry, blackberry, dan cranberry. Buah tersebut kaya akan vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit kanker, peradangan, dan jantung. Buah ini sangat efektif dalam mengobati penyakit gangguan pencernaan dan kekebalan tubuh. Flavonoid juga terkandung dalam buah beri yang terbukti dapat menurunkan risiko serangan jantung.

 

3 dari 6 halaman

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, lobak, dan lainnya dijuluki sebagai superfood karena kaya akan vitamin A, B, C, E, dan K. Sayuran hijau juga mengandung banyak magnesium, kalsium, zat besi, kalium, serat, dan karotenoid yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Senyawa karotenoid yang terkandung di dalamnya dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker. Sementara, serat bermanfaat untuk mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

 

4 dari 6 halaman

3. Salmon

Salmon adalah ikan bergizi tinggi yang mengandung banyak protein, vitamin B, lemak sehat atau omega-3, selenium, dan kalium. Ikan ini kaya akan manfaat seperti mengurangi peradangan, risiko detak jantung tidak normal, dan kolesterol.

Selain itu, salmon juga bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal, menurunkan risiko penyakit jantung, dan diabetes. Porsi yang disarankan untuk dikonsumsi adalah dua sampai tiga per minggu.

 

5 dari 6 halaman

4. Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan yang kaya akan serat, protein vegetarian, dan lemak dapat yang menyehatkan jantung. Makanan ini juga mengandung antioksidan yang melindungi dari stres oksidatif. Ini juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena memiliki kalori yang padat.

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian membuktikan bahwa kacang dan biji-bijian dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Beberapa makanan yang tergolong pada kacang-kacangan dan biji-bijian yaitu biji chia, kacang mete, kacang kenari, kacang almond, dan biji labu.

6 dari 6 halaman

5. Jahe

Jahe berasal dari akar tanaman dari China. Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa sedap pada makanan. Tetapi, jahe juga dapat digunakan sebagai obat alami.

Ini karena akar jahe mengandung antioksidan seperti gingerol yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Makanan ini sangat efektif untuk mengobati peradangan kronis dan rasa sakit yang ditimbulkan. Tak hanya itu, jahe juga dapat mengurangi risiko penyakit demensia, kanker, dan jantung.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.