Sukses

Kerap Diabaikan, 5 Alasan Berhenti Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Mengeringkan wajah dengan handuk ternyata dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mencuci wajah, banyak individu sering menggunakan handuk untuk mengeringkannya. Padahal handuk sangat tidak dianjurkan untuk menyeka wajah. Handuk menjadi tempat berkumpulnya banyak bakteri yang dapat merugikan kulit.

Meskipun telah dibedakan antara handuk badan dan handuk wajah, namun itu cenderung tidak membuat perubahan. Handuk tetap menjadi sarang bakteri yang dapat berpindah ke wajah.

Berbagai permasalahan kulit sering muncul akibat menyeka wajah dengan handuk. Masalah kulit itu seperti munculnya jerawat, iritasi, hingga keriput lebih cepat di wajah.

Nah, penasaran apa saja permasalahan kulit yang muncul jika mengeringkan wajah dengan handuk? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Rabu (24/3/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Muncul Jerawat

Mengeringkan wajah dengan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat. Handuk menjadi tempat berkumpulnya bakteri karena disimpan di kamar mandi dengan udara lembab.

Meskipun menggunakan handuk khusus wajah, ini tidak dapat mengubah keadaan. Bakteri tetap berkumpul dan berkembang biak karena handuk tersebut jarang dicuci.

Kondisi itu dapat menciptakan tempat sempurna untuk pertumbuhan bakteri. Saat handuk ditempelkan ke wajah, bakteri-bakteri itu akan berpindah ke kulit wajah. Ini dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit.

3 dari 6 halaman

2. Muncul Kerutan

Handuk mandi banyak yang menggunakan bahan terry, sehingga terlalu kasar untuk wajah. Jika handuk berbahan Terry digunakan untuk menyeka wajah, ini dapat membuat kulit sedikit iritasi.

Hal itu membuat kulit sangat rentan terhadap infeksi dan kerutan. Handuk yang sering dicuci akan membuat bahan tersebut menjadi rapuh. Gesekan handuk pada wajah dapat menyebabkan kulit sedikit terkelupas.

4 dari 6 halaman

3. Mengurangi Keefektifan Skincare

Mengeringkan wajah dengan handuk ternyata tidak akan membuat kulit mendapatkan hasil maksimal dari produk yang diaplikasikan. Sebelum semua air menguap dari permukaannya, pelembap yang dipakai akan lebih meresap ke dalam kulit.

Dengan tidak mengeringkan wajah dengan handuk, skincare yang dipakai di wajah akan mengunci kelembapan yang diperlukan. Kuliat dapat terlihat lebih awet muda dan bersinar.

5 dari 6 halaman

4. Iritasi Kulit

Jika memiliki kulit sensitif, menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah bukan menjadi pilihan yang baik untuk dilakukan. Handuk terbuat dari bahan yang cenderung kasar.

Sebagian dari benda tersebut terbuat dari bahan Terry yang kasar dan terlalu keras untuk kulit. Saat menyeka wajah dengan handuk, kulit dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan.

6 dari 6 halaman

5. Kulit Berminyak

Penyebab kulit berminyak karena penggunaan handuk untuk mengeringkan wajah mungkin terdengar kontradiktif. Tetapi tindakan tersebut ternyata dapat menyebabkan kulit berminyak.

Bahan handuk yang kasar dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit untuk terlihat sehat. Ini membuat kelenjar minyak harus memproduksi lebih banyak minyak untuk mengatasi kekeringan. Hasilnya kulit menjadi lebih berminyak.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini