Sukses

Menurut Penelitian 7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Buat Kita Panjang Umur

Berikut ini deretan kebiasaan sederhana yang bisa membantu memperpanjang hidup Anda secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kita tentu ingin panjang umur. Namun kita cenderung berpikir bahwa menjadi sehat dan memiliki gen yang baik adalah kunci untuk hidup lebih lama dan panjang umur.

 

Padahal penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hal kecil yang dapat membantu membuat hidup lebih lama. Salah satunya saja seperti berada dalam hubungan yang bahagia dan sering melakukan pekerjaan rumah.

Tak hanya itu, masih ada banyak lagi kebiasaan sederhana yang juga bisa membantu memperpanjang hidup kami secara alami. Dikutip dari Bright Side, berikut ulasannya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Memiliki Perut yang Lebih Rata

Sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita yang berada dalam tahap menopause dan memiliki lemak perut yang berlebihan mungkin hidup lebih singkat. Meskipun berat badan Anda normal, jika perut Anda berlemak, ada sedikit risiko. Ini dijelaskan oleh pengamatan bahwa wanita dengan obesitas lebih mungkin untuk memiliki diabetes, penyakit kardiovaskular, dan banyak lagi.

3 dari 8 halaman

2. Memprioritaskan Kebahagiaan

Merasa bahagia memang sangat penting bagi siapa pun, namun menurut penelitian hal itu juga berpengaruh nyata pada umur kita. Jadi, kepuasan hidup, tidak adanya emosi negatif, optimisme, dan emosi positif adalah hal yang harus Anda pegang teguh untuk memiliki umur panjang.

4 dari 8 halaman

3. Lebih Sering Tertawa

Menjadi lebih ceria rupanya tak hanya menambah kualitas dalam hidup kita, namun bisa menambah kuantitas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selera humor melindungi kita dari penyakit kardiovaskular dan berbagai infeksi. Faktanya, ini adalah sumber daya pelindung kesehatan otak. Sungguh cara yang menyenangkan untuk memiliki hidup yang lebih lama bukan?

5 dari 8 halaman

4. Hidup Disiplin

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu yang teliti cenderung hidup lebih lama. Sifat ini juga berbicara tentang fungsi kognitif kita. Jadi pertimbangkan untuk menjadi lebih disiplin, teratur, efisien, dan berorientasi pada tujuan jika Anda peduli dengan umur panjang.

6 dari 8 halaman

5. Jalan Kaki Setiap Hari

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setiap 30 menit untuk tetap tidak aktif terkait dengan risiko 32% lebih tinggi terkena penyakit serius. Dan secara harfiah, setiap langkah kaki kita penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jadi dengan berjalan kaki 2.100 hingga 4.500 langkah setiap hari, Anda bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung, gagal jantung, atau stroke.

7 dari 8 halaman

6. Bersosialisasi

Orang yang memiliki kehidupan sosial yang aktif dapat hidup lebih lama dan lebih sehat, seperti yang dikatakan penelitian. Ini dijelaskan oleh fakta bahwa orang-orang seperti itu cenderung memiliki perilaku kesehatan yang lebih baik, seperti makan makanan sehat dan aktif secara fisik. Sebaliknya, orang yang terisolasi berisiko lebih tinggi memiliki sistem kekebalan yang lemah karena lebih stres.

8 dari 8 halaman

7. Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Berolahraga secara teratur adalah kunci untuk hidup lebih lama. Namun, jika Anda tidak punya waktu atau keinginan untuk pergi ke gym, Anda tetap bisa menjaga diri tetap bugar dan sehat dengan melakukan pekerjaan rumah. Misalnya, dengan membersihkan jendela selama 30 menit saja, Anda akan membakar 190 kalori, dan menyetrika dalam waktu yang sama akan mengencangkan otot-otot tubuh bagian atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.