Sukses

Tidak Perlu Parfum, 5 Makanan Ini Bikin Aroma Alami Tubuh Jadi Wangi

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki bau badan yang tidak sedap memang membuat diri menjadi tidak nyaman dan tak percaya diri. Apalagi jika berada di kerumunan orang, pasti membuat kita merasa malu. Meskipun sudah pakai deodorant, hasilnya masih belum maksimal.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bau badan tidak sedap, seperti individu yang kelebihan berat badan atau obesitas biasanya memiliki bau badan. Hal itu karena pada lipatan tubuhnya menyimpan banyak bakteri yang menimbulkan bau badan.

Selain itu, individu yang memiliki penyakit tertentu seperti gangguan metabolisme, diabetes, dan infeksi pada kulit juga dapat menyebabkan bau badan. Konsumsi obat dan makanan tertentu juga memengaruhi bau badan seseorang.

Oleh karena itu, penting untuk konsumsi makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan agar terhindar dari bau badan. Lalu, makanan apa saja yang dapat membuat tubuh menjadi wangi? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Jumat (19/2/2021).

 

2 dari 7 halaman

1. Yogurt

Yogurt memiliki kultur aktif yang berfungsi untuk menurunkan jumlah senyawa sulfit sebagai penyebab bau. Yogurt juga mengandung beragam mineral dan vitamin seperti vitamin B12, B12, D, kalsium, potasium, magnesium dan fosforus.

Vitamin D pada yogurt memiliki manfaat untuk melawan bakteri yang ada di dalam mulut. Sehingga dapat mengurangi bau tidak sedap pada mulut. Hindari meminum terlalu banyak produk susu. Hal itu karena susu mengandung kolin yang menyebabkan bau badan.

3 dari 7 halaman

2. Apel

Apel menjadi buah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Apel mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa vitamin dan mineral yang ada pada apel yakni vitamin  A, C, E, K, B6, mineral pottasium, magnesium, kalsium, fosfor dan zat besi.

Buah ini juga kaya akan serat sehingga cocok dikonsumsi bagi yang memiliki diabetes. Apel diyakini sebagai buah yang ampuh mengatasi bau mulut. Hal ini karena apel memiliki sifat deterjen alami.

4 dari 7 halaman

3. Kapulaga dan Kayu Manis

Kapulaga dan kayu manis merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa. Selain untuk masakan, kedua rempah-rempah ini juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bau mulut yang tahan lama. 

Keduanya dapat membunuh bakteri yang membuat mulut bau. Kapulaga juga memiliki manfaat untuk mencegah gigi berlubang dan tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Sementara, kayu manis mengandung minyak esensial untuk mengatasi bau mulut.

5 dari 7 halaman

4. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Jeruk memiliki bau yang harum dan mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, buah ini dapat mengatasi bau badan secara keseluruhan.

Kandungan vitamin C pada jeruk juga dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut. Jeruk yang termasuk ke dalam kelompok buah sitrus ini dapat menghasilkan air liur.

Air liur itu berguna untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut karena berperan sebagai pembersih mulut alami. 

6 dari 7 halaman

5. Teh Herbal

Bau mulut ternyata dapat diatasi dengan meminum teh herbal. Ada berbagai jenis teh herbal yang dapat dikonsumsi, di antaranya teh hijau, teh kemangi, teh jahe, maupun teh daun mint.

Teh herbal ini kaya akan antioksidan, sehingga dapat mengatasi racun yang ada di dalam tubuh. Semakin sedikit racun di dalam tubuh, semakin tidak memiliki bau tak sedap. 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: