Sukses

Susu Dingin atau Hangat, Mana yang Lebih Baik Diminum Saat Pagi Hari?

Liputan6.com, Jakarta - Susu menjadi minuman yang dipilih banyak individu saat sarapan di pagi hari. Tak hanya anak-anak dan remaja, orang dewasa hingga lansia juga sering mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Pasalnya, susu mengandung nutrisi penting seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor dan zinc. Nutrisi tersebut sangat penting untuk tubuh.

Tak heran jika banyak individu mengonsumsinya terutama di pagi hari. Sebagian besar orang meminum susu di pagi hari dalam keadaan hangat.

Padahal nyatanya, dikutip dari dari Times Of India, Selasa (26/1/2021), minum susu dingin saat pagi hari lebih baik daripada susu hangat. Bagaimana bisa begitu?

2 dari 4 halaman

Alasan Mengonsumsi Susu Dingin di Pagi Hari Lebih Baik

Susu dingin dikemas dengan mikronutrien dan elektrolit penting yang dapat membuat Anda tetap aman dan aktif sepanjang hari. Kalsium dalam susu dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang mana dapat membakar kalori lebih cepat.

Namun, lain halnya dengan mengonsumsi susu dingin di malam hari, itu dapat menyebabkan masalah pencernaan dan ketidaknyamanan sehingga sulit untuk tidur.

Tak hanya itu, manfaat lain mengonsumsi susu dingin di pagi hari bisa membuat tubuh kita terhindar dari dehidrasi, membantu menenangkan pikiran dan membantu menurunkan berat badan. 

3 dari 4 halaman

Susu Hangat Dianjurkan Diminum Malam Hari

Sementara itu, susu hangat lebih disarankan untuk dikonsumsi di malam hari ketimbang saat sarapan. Susu hangat mengandung triptofan, yakni asam amino yang merangsang keinginan untuk tidur.

Terlebih lagi, susu hangat juga dapat meningkatkan jumlah serotonin, yakni hormon yang berfungsi sebagai obat penenang alami. 

Selain menimbulkan rasa relaks dan mengantuk, manfaat dari minum susu hangat yakni dapat membantu meredakan sakit kepala. Hal ini menjadi alasan mengapa susu hangat sangat cocok diminum di malam hari sebelum tidur. 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: