Sukses

Wajib Tahu, Simak 20 Tips & Trik untuk Merawat Pakaian Ini

Selain memperhatikan gaya berbusana, merawat pakaian juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Simak tips dan triknya di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Bicara tentang fashion, setiap orang memiliki ciri khasnya tersendiri. Banyak pakar yang memberikan tips dan trik agar fashion terlihat lebih menarik. Namun terkadang tidak semua orang mulai mempraktikkannya. 

Beberapa dari mereka masih tidak peduli gaya seperti apa yang akan ditampilkan untuk orang lain. Mereka cenderung abai terhadap fashion. Seperti contohnya jenis dan motif pakaian yang seharusnya tidak dipakai oleh orang bertubuh kurus, ternyata masih ada yang memakainya.

Sebenarnya tips dan trik tersebut muncul bukan untuk melarang Anda dalam berbusana, tetapi untuk membuat tampilan Anda terkesan lebih fresh, tidak kaku, serta lebih menarik. Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk bergaya. Cukup sesuaikan budget di kantong dan fashion mampu merubah hidup Anda.

Selain itu, dalam merawat pakaian juga banyak yang harus diperhatikan. Seperti ada beberapa noda yang sulit dihilangkan hingga warna pakaian yang luntur ketika dicuci dan lain sebagainya. Saat memiliki pengalaman seperti itu, Anda cenderung menyalahkan pakaiannya. Padahal, bisa saja Anda menggunakan cara yang salah dalam merawatnya. Jika ingin merubah kesalahan tersebut, simak tips dan trik di bawah ini, dilansir dari laman Style Caster.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menghilangkan Noda dan Bau

1. Jika Anda menemukan noda minyak pada tas, lapisi noda minyak dengan bedak bayi. Kemudian diamkan semalaman dan Anda bisa mengeceknya di pagi hari. Jika masih tersisa sedikit, ulangi proses ini hingga noda benar-benar hilang.

2. Cara untuk menghilangkan bau dari pakaian lama atau pakaian bekas, yaitu dengan memercikkannya menggunakan campuran vodka dan air. Dalam hal ini, takaran air harus lebih banyak dua kali dibanding vodka.

3. Jika ingin mengecilkan jeans yang baru dibeli, sebelum pergi ke tukang jahit disarankan untuk mencucinya sebanyak dua kali. Sebab jeans akan selalu menyusut panjangnya ketika dicuci. Setelah dicuci lihat perbedaannya.

4. Atur pakaian yang tersimpan di lemari dari terang ke gelap. Hal ini akan membantu untuk memilih dan mencari pakaian. Lakukan cara tersebut dengan teratur setiap harinya.

5. Hindari menyimpan pakaian renang di mesin cuci. Sebab mesin cuci akan membuat pakaian itu rusak dan menghilangkan elastisitas pada pakaian renang. Sebaiknya peras air pada pakaian renang dengan tangan lalu cuci dengan detergen.

3 dari 5 halaman

Menentukan Siluet Tubuh dan Ukuran Jeans

6. Kurangi pakaian yang ada di lemari Anda. Caranya dengan memilih pakaian yang sudah lama tidak dipakai, kemudian donasikan atau dijual kembali jika masih layak pakai. Jika tidak layak pakai, Anda bisa gunakan untuk hal lain atau membuangnya.

7. Jika sedang membeli jeans, namun tidak bisa mencobanya di toko untuk menentukan ukuran. Anda bisa tempatkan garis pinggang jeans di sekitar diameter leher. Jika cocok, maka ukuran tersebut pas dengan tubuh Anda.

8. Jika ingin terlihat ramping pada acara spesial, hindari meminum susu dan makan biji-bijian lima hari sebelum acara di mulai. Makanan tersebut dapat berdampak buruk pada sistem pencernaan.

9. Kenali siluet tubuh Anda untuk memilih gaun yang akan digunakan. Jika sudah menemukannya, maka Anda harus memakai gaun sesuai siluet tubuh. Gaun yang pas dengan bentuk tubuh akan membuat Anda terlihat menarik.

10. Jangan mengenakan pakaian setelah disetrika secara langsung. Diamkan lebih dulu selama lima menit untuk menghindari terbentuknya kerutan baru.

 

4 dari 5 halaman

Fungsi Lain Hairspray pada Pakaian

11. Jika pakaian Anda terkena lilin, lapisi kertas lilin di atas lilin yang mengeras. Kemudian setrika di atasnya untuk melonggarkannya. Setelah itu tarik kertas lilin tersebut sampai lilinnya ikut keluar.

12. Anda bisa membuat hiasan DIY dengan anting clip-on. Caranya, jepitkan anting tersebut pada flatshoes atau kerah kemeja. Tapi, perlu diperhatikan warna dan bentuk anting tersebut, agar sesuai jika dikenakan.

13. Bagi Anda yang sering atau akan menggunakan stocking, cara ini dapat membantu untuk menghindari lecet dan lubang. Cukup semprotkan stocking dengan hairspray secukupnya.

14. Gunakan hairspray untuk menghilangkan noda lipstik pada pakaian.

15. Jangan menggosok noda yang ada pada pakaian. Cara tersebut sebenarnya akan semakin menambah noda.

5 dari 5 halaman

Gunakan Cuka dan Make-up Remover untuk Bersihkan Noda

16. Untuk menjaga warna gelap pada jeans, Anda bisa menambahkan 1/2 cangkir cuka putih pada pembilasan terakhir saat mencuci.

17. Jika terdapat make-up yang pecah di dalam tas, cukup bersihkan dengan tisu yang sudah dibasahi air pembersih make-up atau make-up remover. Cara tersebut dipercaya dapat membersihkan noda make-up dengan sempurna.

18. Untuk menghilangkan noda pada sepatu kulit, tambahkan beberapa tetes cuka ke dalam semangkuk air dingin. Kemudian gosok dengan sikat berbulu halus. Setelah itu diamkan semalaman untuk mendapatkan kering yang sempurna.

19. Ganti bra Anda setiap tiga sampai enam bulan sekali. Sebab pada saat itu, bra mulai kehilangan elastisitas dan penyangga.

20. Gunakan rok pensil maksimal sampai bagian atas lutut. Semakin rendah panjang rok tersebut, maka kaki Anda akan terlihat pendek.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.