Sukses

Dimulai Sejak Awal Desember, Pertunjukan Cahaya 'Shine a Light' Terangi Marina Bay Singapura di Malam Tahun Baru

Pertunjukan cahaya tersebut membuat kawasan Marina Bay terlihat indah

Liputan6.com, Jakarta Marina Bay Singapore Countdown 2021 menghadirkan format berbeda tahun ini guna memprioritaskan keamanan masyarakat, untuk merenungkan tahun 2020 serta menyambut harapan dan aspirasi di tahun yang baru.

Dipersembahkan oleh Urban Redevelopment Authority (URA), prosesi Countdown atau Hitung Mundur tahun ini menampilkan dua atraksi utama di Marina Bay: sebuah pertunjukan cahaya yang disebut Shine a Light; dan Share the Moment, sebuah karya dongeng melalui proyeksi pemetaan cahaya (projection mapping).

Menurut pernyataan dari pihak Urban Redevelopment Authority (URA), Shine a Light telah dimulai sejak 1 Desember 2020 di The Promontory @Marina Bay. Atraksi ini terdiri dari formasi 60 lampu sorot melingkar yang melambangkan bentuk sebuah permukaan jam.

Proyeksi cahaya dari lampu-lampu sorot tersebut menerawang ke langit – dirancang sebagai simbol persatuan, semangat positif, dan pantang menyerah, yang menuntun semangat masyarakat Singapura dalam menghadapi pandemi dan tekad untuk bangkit bersama sebagai sebuah bangsa di tahun yang baru.

Shine a Light menerangi cakrawala Marina Bay dari pukul 20.00 hingga 22.30 sepanjang bulan Desember. Sebuah animasi sederhana berdurasi 3 menit – yang koreografinya melambangkan harapan dan aspirasi di awal yang baru – diputar setiap 15 menit sekali.

“Seluruh kegiatan pun selalu mematuhi aturan-aturan keamanan yang berlaku dan warga hanya diperbolehkan berkunjung untuk menyaksikan atraksi tersebut apabila area pertunjukan tidak dalam kondisi ramai,” jelas pihak Urban Redevelopment Authority (URA).

Sebagai langkah keamanan, apabila terjadi hujan lebat dan/atau petir, pertunjukan cahaya tersebut diberhentikan dan hanya dilanjutkan kembali ketika kondisi cuaca memungkinkan.

Berikut beberapa potretnya:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dapat terlihat dari kejauhan

3 dari 6 halaman

2. Letaknya tak jauh dari Merlion Park

4 dari 6 halaman

3. Terdapat ucapan Happy New Year 2021

5 dari 6 halaman

4. Permainan warna dan cahaya

6 dari 6 halaman

5. Merlion pun jadi terlihat indah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.